Ming. Agu 9th, 2020

Program Stimulus untuk Petani Karet Balangan yang Terdampak Covid 19 Sudah Dikucurkan

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Perubahan skema program stimulus berupa pinjaman tanpa bunga bagi para pengepul atau Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) harus dilakukan untuk menangani dampak pendemi Covid-19 di Kabupaten Balangan berdasarkan saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurut Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan Amirul, jika sebelumnya direncanakan pinjaman tanpa bunga bagi sektor perkebunan karet dilakukan langsung oleh pemerintah daerah.

Namun atas saran BPK, menurut Amirul, dilakukan perubahan berupa pinjaman ke bank namun bunga pinjamannya tetap ditanggung pemerintah daerah.

“Jadi program stimulus pinjaman tanpa bunga sebetulnya tetap dijalankan, namun sumber pinjaman berasal dari bank dan kita hanya membayarkan bunganya saja selama enam bulan pertama,’’ terang Amirul, Kamis (18/6/2020).

Hingga kini, lanjut Amirul, suda ada beberapa UPPB dan pengepul karet yang kreditnya sudah cair di bank yang termasuk dalam program stimulus yang dijalankan ini.

“Menurut data kita, sudah ada sekitar Rp 1,4 miliar kredit yang disalurkan dalam program stimulus ini. Untuk beberapa pengaju kredit lainnya masih menunggu proses bank, kita hanya menjamin bunganya saja, sedangkan untuk proses pinjaman itu domain bank dengan pemohon kredit,’’ ungkapnya.

Untuk besaran dana yang disediakan sendiri, kata Amirul, sekitar Rp 200 juta lebih untuk pembayaran bunga pinjaman selama enam bulan pertema. Sehingga dengan asumsi besaran tersebut bisa merealisasikan besaran pinjaman di bank sebasar Rp 7 miliar.

Sekadar untuk diingat, semula Tim GTPP Covid-19 Balangan berencana mengangarkan untuk program stimulus ini sebanyak  Rp 13 miliar. Namun karena adanya perubahan perencanaan berdasarkan skala prioritas, maka diturunkan menjadi Rp 7,135 miliar.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.