Progres Lahan HPS Sudah Capai 70 Persen

509

KabarKalimantan, Banjarbaru – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan Fatturahman menyatakan, persiapan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-38 di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala sudah terealisasi 70 persen dari 750 hektare lahan yang menjadi prioritas.

Fatur mengatakan 750 hektare lahan tanam yang menjadi prioritas dalam peringatan HPS tersebut dibagi menjadi dua bagian. “Di atas lahan seluas 240 hektare, yang sudah tercapai 100 hektare dan 510 hektarenya sudah tercapai 70 persen,” kata Fatur belum lama tadi.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Kalsel hanya dapat memprioritaskan pengolahan lahan dan penanaman seluas 750 hektare, meskipun potensi lahan mencapai 4.000 hektar.

Ia menambahkan, luas lahan yang akan dipanen pada peringatan HPS seluas 65 hektare yang diprediksi menghasilkan sebanyak 5 ton lebih gabah kering giling.

Adapun jenis bibit yang di tanam di lahan tersebut, Fatur menuturkan menggunakan varietas Inpara. “Bibit varietas Inpara ini sangat cocok dikembangkan di lahan rawa lebak atau lahan sawah irigasi yang rawan banjir,” ucapnya.

Baca Juga :   Pejabat Pemprov Kalsel Dirotasi

Dalam pengerjaan lahan HPS tersebut, diakui Fatur, juga dibantu personil TNI dari Korem 101/Antasari serta di bawah supervisi instansi  terkait.

Terlebih dalam persiapan HPS ini Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga ikut turun tangan dalam kegiatan tersebut. Yang diharapkan mampu mewujudkan wacana Kalimantan Selatan menjadi salah satu lumbung padi nasional.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here