Proyek Film Antasari Rp 2,9 Miliar, Sahbirin Noor: Kecil

470

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengaggap dana pembuatan film kolosal Antasari sebanyak Rp 2,9 miliar itu tergolong kecil ketimbang pengeluaran yang tidak jelas.

“Kalau yang tahu film, itu nilainya masih kurang, terlalu kecil,” kata Sahbirin Noor saat presrilis film Kolosal Pangeran Antasari, Selasa malam (17/10/2017).

Film kolosal Pangeran Antasari untuk tujuan pendidikan dan memperteguh jiwa nasionalisme di tengah kisruh bangsa. Silang pendapat soal komersialisasi film yang lebih luas sempat mengemuka.

Sahbirin Noor menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel sebagai pengelola proyek film dan para pihak yang ahli.

“Terserah saja, yang terpenting adalah manfaatnya,” kata dia

Paman Birin mengatakan manfaat film kolosal sangat penting di tengah bangsa Indonesia tengah mengalami serangan globalisasi.

“Jaman sekarang semua serba mudah. Itu akibat dari teknologi, jadi kita harus bisa menyaring. Mudahan film ini dapat menyadarkan bahwa negara kita bukan hadiah dari negara lain, tapi hasil dari perjuangan yang sangat panjang,” jelasnya.

Baca Juga :   Drama Satir Aktor-Aktor Realis

Sementara itu, Yadi Muryadi, mengatakan bahwa film itu salah satu karya yang ditunggu-tunggu insan seni di Kalsel. “Sejak 1969, pelaku sejarah saat itu sudah punya keinginan membuat film ini,” katanya.

Adapun sutradara film, Irwan Siregar, membutuhkan waktu dua bulan untuk riset film Antasari. Ia akan mengambil enam titik lokasi syuting yang melibatkan 100-an orang. Irwan memprediksi butuh dua pekan merampungkan karya film kolosal tersebut. “Film kolosal sangat penting mengenalkan sejarah bangsa kepada generasi muda,” kata Irwan Siregar.

Ia memperkenalkan aktor-aktor yang akan bermain peran di film garapannya itu. Ada dua aktor profesional yang langsung didatangkan dari ibukota, yaitu Egy Fadly akan memerankan Pangeran Antasari dan Hemalia Putri akan memerankan Isteri Pangeran Hidayatullah (Umanya Bulan). Selebihnya adalah orang banua yang terpilih dalam casting.

“Sebagai Ratu Siti adalah Aina. Ia adalah keturunan dari Pangeran Antasari,” katanya saat memperkenalkan semua aktor yang terlibat dalam film tersebut.

Baca Juga :   Pentas Gabungan Teater Pelajar Banjarmasin

M. ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here