Menu

Mode Gelap

Olahraga · 30 Mei 2017 17:50 WIB ·

Puasa, Latihan Gulat Tetap Jalan


 Puasa, Latihan Gulat Tetap Jalan Perbesar

BANJARMASIN, KK – Gulat merupakan salah satu cabang olahraga unggulan KONI Kalimantan Selatan. Meski di Bulan Ramadhan, mereka terus melakukan latihan. Para pegulat Banua ini terus intens berlatih walaupun tidak dalam tahap menghadapi kejuaraan.

Bulan Ramadhan merupakan bukan merupakan halangan untuk beraktifitas. Pelatih Gulat Kalimantan Selatan, Indra Safri baru baru tadi mengatakan, tidak ada istilah libur dalam berlatih karena akan mempengaruhi kelenturan gerak dan berat tubuh.

“Trerlepas ada atau tidak ada kejuaraan yang dihadapi, para pegulat tetap rutin menggelar latihan, termasuk di Bulan Ramadhan,” ucap Indra Safri.

Baca Juga :   Porprov X, Cabor Atletik Kotabaru Tambah Dua Medali

Indra menambahkan, latihan dengan berpuasa justru lebih bagus untuk mempertahankan berat badan. “Latihan sambil berpuasa justru lebih efektif untuk terutama untuk menurunkan atau menjaga kondisi berat badan karena gulat ini yang dipertandingkan adalah berat badan,” tuturnya.

Indra juga memaparkan, latihan pada bulan puasa dibanding hari sebelumnya memang berbeda baik dari segi waktu maupun porsi latihan.

“Latihan hari biasa anak-anak latihan 70 sampai 80 persen. Sedangkan pada saar puasa 50 sampai 60 persen saja. Hanya untuk penjagaan kondisi di fisik dan kekuatan. Waktunya pun dilaksanakan mulai pukul 17.00 Wita,” katanya.

Baca Juga :   Kalah dari Sriwijaya, Peluang Barito Menipis

Latihan yang dilaksanakan oleh pegulat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalsel tersebut difokuskan di dua tempat, yakni di GOR Hasanuddin dan SKB Mulawarman Banjarmasin.

Menurutnya, latihan di GOR, program yang diberikan selain fisik juga taktik dan teknik. Sementara untuk latihan di SKB, programnya kekuatan dan kecepatan pegulat seperti main sepak bola.

Baca Juga :   ​Ukur Potensi Pebulutangkis, Dispora Banjarmasin Gelar Kejuaraan

“Cabang gulat beda dengan cabang olahraga lainnya. Kalau lama diam butuh proses waktu lama mengembalikan kecepatan dan teknik. Yang lebih ditakutkan lagi, berat badan cepat tambah sehingga susah menurunkan,” jelas Indra.
Senada dengan Indra, salah satu pegulat andalan Kalsel, M Ricky Fajar mengakui banyak manfaat yang didapatnya saat latihan seraya berpuasa.

“Justru enak saat latihan ketika berpuasa. Selain bisa menjaga kondisi fisik dan kekuatan, juga bisa mengontrol berat badan agar tetap proporsional,” kata Ricky. mud

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Sayed Jafar Ucapkan Selamat atas Lolosnya Kotabaru FC ke Babak Semifinal Liga 3

18 November 2021 - 17:41 WIB

Syairi Mukhlis Yakin Kotabaru FC Pasti Juara

15 November 2021 - 11:56 WIB

Askab PSSI Kotabaru Gelar Turnamen Sepakbola Antar Klub

14 November 2021 - 17:28 WIB

Bupati Kotabaru Resmi Buka Turnamen Bulu Tangkis Antar Klub

11 November 2021 - 14:16 WIB

Pengprov Wushu Kalsel Gerak Cepat Bentuk Pengcab Kota dan Kabupaten se-Kalsel

3 Juli 2021 - 14:29 WIB

Lepas Atlet SOina, Ini Pesan Ibnu Sina

1 Juli 2021 - 21:05 WIB

Trending di Banjarmasin