Pulau Terbesar di Indonesia Harus Punya Menteri

865

Indonesia adalah negara kepulauan. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri Indonesia memiliki 17.504 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

 

Borneo atau Kalimantan berada pada posisi pertama sebagai Pulau terbesar di Indonesia. Dan juga sebagai pulau terbesar ketiga di dunia. Selain sebagai pulau terbesar Kalimantan juga memiliki Sumber Daya Alam yang sangat melimpah. Tentu ini berarti kalimantan adalah salah satu pulau penyumbang APBN terbesar di republik ini.

 

Namun yang sangat di sayangkan, pulau terbesar yang dikenal pulau seribu sungai ini sudah hampir satu dasawarsa tak memiliki menteri. Dengan kata lain, tak ada menteri asal Kalimantan yang mendapat kursi dalam kabinet.

 

Sejak periode kedua SBY (setelah perombakan) dan periode pertama era jokowi, menurut pengamatan kami, ini cukup riskan dan mengherankan. Jika berlanjut sampai di periode ke-dua Jokowi, apakah tidak ada satupun putra Kalimantan yang layak untuk menjadi Mentri? Bukankah ini berarti penghinaan buat warga Kalimantan?

Baca Juga :   Pentas Gabungan Teater Pelajar Banjarmasin

 

Maka dari itu menurut saya agar pertanyaan-pertanyaan serupa tidak terus berkembang dan berpotensi terjadi disintegrasi di tengah masyarakat kalimantan, maka merupakan hal yang mesti dan final bahwa di periode ini kalimantan sebagai pulau terbesar harus memiliki menteri. Juga agar supaya isu bahwa Kalimantan selama ini dianaktirikan dan bahwa pemerintah pusat hanya mengeruk kekayaan Kalimantan dan tidak memperdulikan masyarakat kalimantan itu bisa terhenti dengan adanya menteri asal Kalimantan.

 

Sebagai penutup dalam tulisan singkat ini, saya ingin mengatakan bahwa sebagai pulau terbesar, kalimantan harus punya Menteri dan Jika Jokowi betul-betul menghargai masyarakat kalimantan maka menteri asal kalimantan merupakan harga mati.

Ahmad Zaki

Persidium Borneo Muda Asal Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here