Puluhan Warga Kertak Baru Ilir Diberi Pendidikan Politik

1641

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di wilayah Kelurahan Kertak Baru Ilir, Selasa  (23/7/2019).

Kegiatan dengan mengusung tema Pendidikan Politik Melalui Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan ini diikuti 60 peserta, dari berbagai lapisan masyarakat baik tokoh agama, maupun pemuda di lingkungan sekitar dan menghadirkan  narasumber dari KPU, akademisi, MUI.

Kepala Kesbangpol Banjarmasin, Kasman mengatakan, pendidik politik bagi masyarakat ini merupakan program yang dilaksanakan secara terus menerus.

Sebagai sarana untuk memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya keterlibatan mereka dalam pelaksanaan pemilu khususnya.

“Ini memang kewajiban kami sebagai pemerintah. Tidak hanya parpol yang diberi arahan. Tapi juga masyarakat harus diberikan pendidikan agar mereka paham,” ujarnya.

Terlebih dalam waktu dekat pemilihan kepala daerah juga segera dilaksanakan. Target peningkatan keikutsertaan pemilih di Pilkada diharapkan mampu direalisasikan melalui agenda tersebut.

Baca Juga :   Generasi Muda Sungai Lulut Dibekali Wawasan Kebangsaan

“Ini juga salah satu upaya kami agar keikutsertaan masyarakat bisa terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Kasman mencatat, data keikutsertaan pemilih dari tahun ketahuan menang terus mengalami peningkatan. Di Pemilu 2014 lalu di Banjarmasin jumlah pemilih 63 persen.

“Artinya masih ada 37 persen yang tidak ikut, ini yang perlu ditelusuri,” jelasnya.

Kemudian untuk Pilpres dan Pileg 2019, jumlah keikutsertaan pemilih meningkat menjadi 78 persen. Tentunya diharapkan untuk Pilkada 2020 nanti angka itu busa terus ditingkatkan lagi.

Selain itu Kasman melanjutkan, diharapkan  hasil dari sosialisasi yang diikuti para perwakilan masyarakat itu bisa ditularkan kepada masyarakat lainnya.

“Kami juga meminta agar informasi yang didapat tidak hanya untuk mereka yang diundang. Tapi juga bisa disampaikan kembali ke keluarga,teman, maupun tetangga,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here