Sen. Jul 13th, 2020

Punya Taman Vertikal Terbanyak, Banjarmasin Pecahkan Rekor MURI

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kota Banjarmasin dinobatkan sebagai kota yang memiliki taman vertikal dengan jumlah tanaman paling banyak oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Pemecahan rekor tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan MURI atas pemarkasa pembuat taman vertikal dengan jumlah tanaman terbanyak kepada Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Jumat (9/3/2018).

“Ini merupakan bentuk dukungan nyata dari semua pihak untuk penghijauan Banjarmasin,” ucap Ibnu usai penyerahan piagam penghargaan yang dilaksanakan di Siring RE Martadinata, depan Balai Kota Banjarmasin.

Rekor MURI dipecahkan Banjarmasin setelah dilakukannya pembangunan taman vertikal oleh Yayasan Insirasi Anak Bangsa di median Jalan S Parman dengan jumlah 1.162 tanaman dari 18 jenis.

Selain itu, inovasi cara peletakan taman vertikal di kawasan jalan raya juga sangat mendukung teraihnya penghargaan MURI itu. Salah satunya dengan mendirikan di tengah median jalan. Sebab, selama ini banyak pot -pot bunga yang malah di posisikan di atas trotoar.

Baca Juga :   Perjuangkan Hak Disabilitas, Yoyok Disambut Dingin di Balai Kota Banjarmasin

“Masih banyak hak pengguna jalan terggangu akibat pot bunga di trotoar. Dengan ini diharapakan menjadi solusi penghijauan di tempat kita,” katanya.

Dia juga mengharapkan kepada segala pihak agar terlibat dalam mewujudkan Banjarmasin sebagai kota layak huni. Salah satunya dengan terus berkerjasama dalam mewujudkan Banjarmasin sebagai kota yang bersih dan hijau.

“Kedepan hal semacam ini perlu mendapat dukungan partisispasi dari dunia usaha, maupun segala pihak untuk bersama menghijaukan Banjarmasin,” ujarnya.

Semantara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mukhyar mengungkapkan, tercatat ada sekitar 3.200 tanaman yang tersebar di Banjarmasin.

“Di tempat kita ada di fly over, kemuadian di Balai Kota, TPA Basirih, Jalan Sudirman, Jalan Pangeran Antasari, di Jalan S Parman, dan beberapa titik lainnya,” imbuhnya.

M SYAHBANI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.