Raperda Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga Difinalisasi

817

KabarKalimantan, Banjarmasin -Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga telah difinalisasi. Dalam waktu dekat payung hukum ini akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ketua Pansus Raperda Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, Hairun Nisa menyatakan, penggodokan aturan itu telah mencapai tahap akhir. Dan akan dikonsultasikan ke pemerintah provinsi, kemudian disahkan menjadi perda.

“Ya tidak banyak perubahan dari pembahasan sebelumnya. Hanya ada satu pasal saja. Yaitu terkait retribusi bagi orang jompo dan cacat yang akan disamakan dengan anak-anak,” ucap Hairun Nisa kepada wartawan, kemarin.

Nantinya, kata Hairun Nisa, beberapa tempat pariwisata dan olahraga, seperti di wilayah Menara Pandang, Patung Bekantan dan Taman Wisata Satwa, itu akan dikenakan retribusi.fokusnya terkait parkir dan pagelaran even.

“Artinya raperda ini juga menguatkan Perda Parkir. Dan juga selama ini di wilayah itu kan belum ada penarikan retribusi setiap ada pagelaran even,”katanya.

Politikus Partai Demokrat ini menjelaskan, untuk sarana prasarana olahraga basket yang berlokasi di Siring Tendean Banjarmasin, penarikan retribusinya sudah jelas dalam raperda. Namun ini berlaku jika ada even.

“Jadi tiap ada even saja dikenakan tarif retribusi. Untuk latihan sendiri, itu akan diberikan kelonggaran selama tiga bulan secara gratis. tapi ini juga akan disesuaikan dengan perwali,” ucapnya.

Salah satu Srikandi DPRD Banjarmasin ini berharap, dengan berlakunya payung hukum ini, pendapatan asli daerah (PAD) disektor pariwisata dan olahraga nantinya akan meningkat. “Kami lihat, sektor ini memang belum maksimal. Insya Allah aturan ini akan membantu meningkatkan PAD Kota Seribu Sungai ini,” katanya.[]

Smara Aqdimul Azmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here