Ratusan APK Caleg Dicopot Bawaslu Banjarmasin

1081

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho dan spanduk yang ada di beberapa pinggir ruas jalan dicopot Bawaslu Banjarmasin, Rabu (30/1/2019).

Komisioner Bawaslu Banjarmasin, Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Rahmadiansyah mengungkapkan, pencopotan dilakukan terhadap APK yang dinilai melanggar aturan.

“Banyak yang tidak sesuai penempatannya. Tidak ada izin RT RW. Juga banyak yang tidak masuk dalam laporan,” ucapnya di sela-sela penertiban.

Dibantu personil Satpol PP Banjarmasin, Bawaslu menyisir dari Jalan Dharma Praja, Jalan Pramuka, Sungai Lulut, Banua Anyar, Sungai Andai, Sultan Adam, Perdagangan.

Dilanjutkan ke Jalan Belitung, Pasir Mas, Zafri Zam-Zam, Sutoyo S, Dahlia, Pekauman, Kelayan B, fly over, dan kembali ke Dharma Praja.

“Ada jumlah yang dibatasi. Mengikat talinya saja di pohon sudah salah. Kemudian ada Perwali yang harus ditaati,” katanya.

Dia memahami Caleg memang sangat memerlukan sosialisasi. Akan tetapi dia mengharapkan tetap pada koridor-koridor ketentuan yang berlaku.

Selain itu, sosialisasi kepada pihak Caleg melalui pemanggilan juga sudah dilakukan. Akan tetapi dia tidak mengetahui apakah aturan yang sudah disampaikan sudah dipahami atau belum.

“Terus terang Parpol agak kesulitan mengatur caleg. Dan itu diakui Parpol sendiri,” imbuhnya.

Rahmadi membeberkan, penertiban serupa akan terus dilakukan Bawaslu hingga berakhir masa kampanye pada 13 April nanti.

M Syahbani

Baca Juga :   KPU Banjarmasin Tetapkan 583 Caleg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here