Rayakan Ultah ke-15, PT KPP Gelar Lomba Tari

825

KabarKalimantan, Rantau – PT Kalimantan Prima Persada (KPP) menggelar Lomba Seni Tari Daerah Kalimantan untuk keduakalinya pada 29 – 30Agustus 2018.

Keseruan nampak di Pendopo Balahendang, Tapin. Sebanyak 273 penari dari 22 kelompok di Kalimantan terdaftar dalam Lomba Seni Tari Daerah Kalimantan 2018. Event tahunan yang sudah kali kedua digelar PT Kalimantan Prima Persada (KPP). Kali ini tema yang diusung adalah “Budaya Kearifan Lokal untuk Kebhinekaan Bangsa”.

Ketua Pelaksana Kegiatan Yoga Pratana menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeringati ulang tahun PT KPP yang ke-15 tahun dengan mengusungtema “Berkembang Bersama KPP”. Terselenggaranya kegiatan tahunan ini atas kerjasama PT KPP dengan Pemerintah Daerah setempat, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, dan Dinas Kebudayaandan Pariwisata Kabupaten Tapin.

“Keseruan yang dirasakan peserta serta penonton merupakan cerminan nilai budaya dan kesenian daerah lokal sebagai aset bangsa yang bisa menjadi sumber daya masarakat khususnya generasi muda,” kata Yoga.

Baca Juga :   Tarian Depresi SSD

Lomba Seni Tari Daerah Kalimantan 2018 terdiri dari dua kategori, yaitu kategori Pelajar (SMP/sederajat dan SMA/sederajat) dan kategori Umum/Sanggar. Peserta kegiatan lomba tersebut ditujukan untuk seluruh pelajar (mewakili sekolahnya masing-masing) dan sanggar seni se-Kabupaten Tapin serta seluruh pelajar dan sanggar seni binaan PT Kalimantan Prima Persada (KPP) se-Kalimantan.

“Berbagai hadiah menarik berupa uang pembinaan dengan total Rp. 31 juta rupiah, piala, sertifikat, serta souvenir telah disiapkan untuk para peserta dan pemenang Lomba Seni Tari Daerah kalimantan 2018,” kata Yoga.

Opening Ceremony kegiatan dilakukan oleh Direktur PT KPP MeidiWibowo, CSR Manager Riko Ariosa, dan Bupati Kabupaten Tapin yang diwakilli oleh Dr H Alfian Yusuf sebagai staff ahli.

Menurut Dr H Alfian Yusuf, kegiatan tersebut merupakan peluang yang sangat baik untuk memperkenalkan seni budaya dari Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan. Ini dapat mengangkat, melestarikan, dan menumbuhkembangkan seni budaya Kalimantan.

Baca Juga :   Tarian Depresi SSD

“Banyak masyarakat mulai meninggalkan seni dan budaya lokal, padahal ini dapat menjadi aset wisata yang memiliki daya Tarik. Untuk dukungan serta upaya melestarikannya, pemerintah sangat mengapresiasi kepada PT Kalimantan Prima Persada yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dan saya meminta kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan nilai budaya dan kesenian daerah,” ucapnya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan seni tari dari siswa taman kanak kanak (TK) dan SD, dan pertunjukan tari dari Gita Kinanti dan Sri Hermina sebagai salah satujuri profesional yang bertugas dalam acara lomba tersebut.

Atas lomba tersebut, SMP Negeri 1 Banua Lima Kalimantan Tengah mendapatkan penghargaan sebagai Penyaji Terbaik 1 pada kategori pelajar. Sedangkan pada kategori Umum, Penyaji Terbaik 1 diraih oleh Sanggar Komandan (Komunitas Anak Dayak Maanyan), Kalimantan Tengah.

M Ali Nafiah Noor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here