Jum. Sep 25th, 2020

Ribuan Maba Uniska Ikuti Dialog Bersama Menhub RI

2 min read

Kabarkalimantan, Banjarmasin – Menteri Pehubungan RI, Budi Karya Sumadi Dialog Nasional Keselamatan, di depan 5.000 Mahasiswa Baru Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin.

Kedatangan Budi Karya didampingi Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor disambut meriah oleh para mahasiswa baru Uniska. Keduanya tiba menggunakan sepeda motor, yang sekaligus penutupan Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-Maba) Uniska, di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Kamis (6/9/2018).

Budi mengatakan, Kalimantan Selatan memiliki jumlah korban kecelakaan lalu lintas dengan fatalitas tinggi yakni, tahun 2017 lalu, kejadian kecelakaan : 563, jumlah korban meninggal dunia :432 jiwa, luka berat :139 dan luka ringan : 395 orang.

“Mayoritas korban yang meninggal akibat kecelakaan sepeda motor karena cedera kepala,” katanya.

Karena itu, Ia menambahkan, pentingnya menjaga keselamatan selama berkendara dengan terus menggunakan safety riding dengan menjaga kecepatan selama berkendara di 30 Km/jam saat berada di daerah pemukiman.

Baca Juga :   Paman Birin : Gelorakan Semangat Hidup, Cintai Olahraga

“Bagi pengguna sepeda motor agar menggunakan helm dan tidak memainkan handphone selama berkendara,” ucap Budi.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin juga menuturkan, pengendara harus menciptakan rasa nyaman, aman dan mengutamakan keselamatan bagi semua pengguna jalan.

“Jadi bagi pengendara agar jangan ngebut, dan bagi kendaraan roda dua agar menggunakan dan mengklik helmnya,”ucap Paman Birin.

Paman Birin yang merupakan alumni Uniska ini juga mengatakan, dirinya berasa pulang kampung karena dapat bertemu para dosen yang telah mengajarinya serta bertemu dengan mahasiswa baru Uniska.

“Saya berasa Pulang kampung kalau ke Uniska ini,” kata Paman.

Ia juga berpesan kepada para Mahasiswa Baru agar tidak malas, tetapi terus bergerak dan berdaya saing agar dapat menjadi penerus yang dapat membanggakan Banua dan Negara.

“Mudah-mudahan alumni Uniska kedepan nanti ada yang bisa menjadi Presiden,” ucapnya.

Baca Juga :   KSR Uniska Serahkan Donasi Palestina Ke ACT

Sementara itu, Ketua Yayasan Uniska Mab, Gusti Irhamni mengaku bangga dalam penutupan PKK Maba kali ini, karena di hadiri oleh Menteri Perhubungan dan Gubernur Kalimantan Selatan.

“ Kehadiran mereka ini sekaligus memberikan pengetahuan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan selama berkendara,” pungkas Irhamni.[]

Syahri Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.