RPU dan RPH Terbengkalai, Ananda: Ini Masalah Klasik, Harus Segera Dibenahi

958

KabarKalimantan, Banjarmasin – Keberadaan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas (RPU) di Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, seakan dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Kebijakan Pemkot Banjarmasin memindahkan seluruh aktivitas pemotongan ayam ke RPU dan RPH tersebut tidak membuahkan hasil. Pihak pengusaha unggas enggan untuk menempati lokasi yang dinilai minim sarana prasarana dan fasilitas pendukung lainnya.

“Saya pikir ini masalah klasik, memang harus segera dibenahi,” ucap Ketua DPRD Banjarmasin Ananda di gedung dewan, Rabu (10/7/2019).

Apalagi, ujar Ananda, jika dikaitkan dengan perolehan Adipura, Pemkot Banjarmasin saat ini juga tengah gencar terhadap pembenahan lingkungan. Untuk mendapatkan Adipura Kirana tahun depan, sudah seharusnya RPU dan RPH ini segera dibenahi.

“Saya akan WA ketua Komisi II untuk menindaklanjuti masalah ini dengan dinas terkait,” ujarnya.

Baca Juga :   Infrastruktur di Banjarmasin Tengah Sudah Banyak Terakomodir

Ananda menegaskan, jika memang infrastruktur rumah jagal hewan ini belum memadai dan fasilitas pendukung lainnya juga belum lengkap, pihaknya berjanji akan mengalokasikan anggaran melalui APBD Perubahan 2019 atau APBD Murni 2020 mendatang.

“Pastinya juga harus ada usulan dari dinas terkait ini,” kata Politikus Partai Golkar ini.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Bambang Yanto mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan kerja ke Kota Bogor, fasilitas rumah potong hewan memang harus memiliki peralatan dan kebersihan  yang memenuhi standar, mulai dari proses pemotongan, pembersihan, sampai pengelolaan limbah yang dihasilkan agar tidak berdampak dan mencemari lingkungan sekitar.

“Untuk meminimalisir pemotongan unggas di luar RPU yang saat ini dilakukan pihak pengusaha unggas, tentunya perbaikan sarana dan prasaran RPU di Mantuil harus dibenahi secara serius. Karena alasan mereka RPU ini minim prasarana,” ujarnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Baca Juga :   DPRD Banjarmasin Inginkan Tidak Ada Silpa Di APBD 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here