RSJ Sambang Lihum Apresiasi Kerja Keras Satgas Karhutla

KabarKalimantan, Martapura – Direktur RSJ Sambang Lihum, dr H IBG Dharma Putra sangat mengapresiasi kerja keras tim Satgas Karhutla dalam menyikapi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dharma mengatakan, keberadaan tim Satgas  karhutla di sekitaran RSJ Sambang Lihum sangat memberikan dampak sangat baik, karena kebakaran-kebakaran lahan yang setiap tahun terjadi di sekitaran rumah sakit dapat langsung diantisipasi.

“Dengan adanya Satgas ini, kami tidak kerepotan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Dharma dalam program Ngupi Bareng Paman bersama anggota Pressroom Pemprov Kalsel, di RSJ Sambang Lihum Gambut, Rabu (21/8/2019).

Dharma menuturkan, guna mengantisipasi terjadinya Karhutla di sekitaran RSJ Sambang Lihum, sejak tiga tahun lalu pihaknya sudah membuat kanal di area rumah sakit yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi juga dimanfaatkan untuk cadangan air kalau terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Pada kenyataannya, karena tim satgas Karhutla yang sangat solid. Jadi, di sini tidak ada terjadi Karhutla,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya juga sudah siap kalau ke depan nanti akan diserang oleh asap dari pembakaran yang dapat menimbulkan penyakit pernafasan. Pihaknya pun sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan masker, mengurangi aktivitas di luar ruangan, menutup pintu dan jendela sehingga serangan asap dapat diminimalisir masuk kedalam ruang rumah sakit, serta menambahkan vitamin C dan protein ke dalam makanan agar daya tahan tubuh dan daya tahan mulklosanya tinggi.

“Kami sudah siap sesuai dengan SOP-nya, dan kasus isfa yang seharusnya banyak terjadi pada saat-saat seperti ini tidak terjadi di RSJ Sambang Lihum, dan itu saya indikasikan sebagai sebuah keberhasilan tim Satgas Karhutla mengantisipasi Karhutla,” ucap Dhrma.

Ia menambahkan, jika sampai terjadi Karhutla di sekitaran rumah sakit, akan sangat berdampak terhadap penyembuhan para pasien, karena sebelumnya ada pasien yang sudah pulih malah menjadi kambuh karena panik kebakaran yang masuk dalam rumah sakit.

“Keberhasilan Satgas karhutla menyebabkan kita bisa lebih santai pada tahun ini,” kata Dharma.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here