RSUD Moch Ansari Saleh Raih Sertifikat Akreditasi Paripurna

2092

KabarKalimantan, Banjarmasin – RSUD Moch Ansari Saleh raih Standart Nasional Akteditasi Rumah Sakit (SNARS) Paripurna bintang lima untuk kedua kalinya.

Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Dr dr Sutoto mengatakan, penilaian SNARS tersebut jumlahnya sangat banyak, lebih dari 335 dan yang dinilai lebih dari 1.345 elemen.

“Jadi, hampir semua aspek yang dinilai, mulai dari bagaimana pasien masuk, pelayanan dan hingga pasien keluar, semuanya dinilai,” kata Sutoto usai penyerahan Sertifikat Akreditasi SNARS 1 (paripurna) oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di Aula Auditorium, RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Sabtu (27/4/2019).

Ia menuturkan, capaian tersebut merupakan suatu yang sangat bagus, karena RSUD Moch Ansari Saleh sudah berhasil mencapai paripurna bintang lima.

“Itu artinya semua standr-standar profesi telah ditetapkan yang tujuannya adalah memberikan pelayanan yang bermutu dan selamat untuk para pasiennya,” ucapnya.

Baca Juga :   RSUD Moch Ansari Saleh Targetkan Akreditasi Internasional

Ia menambahkan, penilaian akreditasi ini dilakukan setiap tiga tahun, namun setiap tahunnya akan dicek, apakah standrt yang sudah dibuat itu dipatuhi.

“Kalau ternyata kemudian rumah sakit hanya ingin mendapatkan sertifikat setelah itu kemudian dilanggar, maka KARS akan mencabut kembali sertifikatnya. Tetapi syaratnya untuk dicabut memang standrtnya tidak dijalankan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Moch Ansari Saleh, Izaak Akbar sangat bersyukur rumah sakit yang dipimpinnya lulus akreditasi paripurna bintang lima.

“Ini merupakan kebanggaan yang luar biasa. Karena tujuan dari akreditasi semata-mata bagaimana pelayanan di rumah sakit bermutu dan pasien selamat,” kata Izaak.

Ia menuturkan, semua ini tidak bisa hanya kerja direktur, dokter saja tapi semua unsur di rumah sakit terlibat seperti tukang parkir bahkan hingga keluarga pasien.

“Saya berharap, ke depan pelayanan RSUD Ansari Saleh bisa lebih meningkat lagi, sehingga masyarakat Kalsel bisa kami layani sebaik-baiknya dan akhirnya berujung pada peningkatan derajat kesehatan di Kalsel,” ucapnya.

Baca Juga :   RSUD Moch Ansari Saleh Targetkan Akreditasi Internasional

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, yang dalam kesempatan tersebut hadir mengaku sangat bangga, karena salah satu RSUD di Kalimantan Selatan meraih akreditasi paripurna.

“Artinya pelayanannya dinilai sudah memenuhi standart nasional dan kita juga terus bergerak mencapai standart internasional,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia juga menuturkan, apa yang dicapai RSUD Moch Ansari Saleh ini dapat menjadi salah satu bukti bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya melalui rumah sakit ini benar-benar bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat.

“Ini salah satu misi Pemerintah Provinsi Kalsel, untuk Kalsel sehat dan akan terus kita perjuangan,” pungkas Paman Birin.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here