RSUD Moch Ansari Saleh Targetkan Akreditasi Internasional

2064

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) DR dr Sutoto M Kes tantang RSUD Moch Ansari Saleh untuk meraih akreditasi internasional setelah berhasil meraih sertifikat akreditasi paripurna.

Sutoto mengatakan, sertifikat akreditasi internasional itu penilaiannya lebih tinggi dari akreditasi paripurna yang jika paripurna skornya di atas 80 persen, sedangkan akreditasi internasional 95 persen.

“Saya melihat wajah-wajah pemilik dan karyawan RSUD Moch Ansari Saleh ini sangat bersemangat dan punya kans untuk meraih nilai 95 tersebut,” katanya.

Ia menuturkan, saat ini rumah sakit yang baru mendapat sertifikat akreditasi internasional hanya tiga, yaitu RSUD Syaiful Anwar, Malang, RS Jantung Harapan, Jakarta dan RS M Jamil, Padang.

“Tidak menutup kemungkinan nanti RSUD Moch Ansari Saleh, Banjarmasin ini juga meraih akreditasi internasional, karena sudah dua kali mendapat akreditasi paripurna,” ucapnya.

Baca Juga :   Progres Lahan HPS Sudah Capai 70 Persen

Menanggapi tantangan tersebut, Direktur RSUD Moch Ansari Saleh, Izaak Akbar mengatakan, besar harapan mereka untuk dapat meningkatkan lagi akreditasi paripurna menjadi akreditasi internasional.

“Sudah ada dukungan Gubernur Kalimantan Selatan, dan dalam waktu dekat kami akan melakukan rapat dan konsolidasi bersama rekan-rekan di rumah sakit untuk mempersiapkan,” katanya.

Ia menuturkan, saat ini RSUD Moch Ansari Saleh sudah mendapat nilai 80 persen ke atas untuk akreditasi paripurna, dan untuk meraih akreditasi internasional nilainya 90 persen minimal.

“Untuk dapat tambahan 10 persen tersebut sebenarnya cukup berat. Sehingga untuk mencapainya kami akan berbenah di alat kesehatan, sarana prasaran, SDM dan IT. Jadi, memang masih banyak PR yang harus kami kerjakan. Namun melihat dukungan dari Gubernur dan DPRD Kalsel, kami yakin semua bisa dikerjakan,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, dirinya sangat medukung RSUD Moch Ansari Saleh untuk meraih akreditasi internasional.

Baca Juga :   SAKIP Award, Pemprov Kalsel Raih Predikat A

Ia menuturkan, minimal saat ini sudah mengantongi akreditasi paripurna dan tentu nanti ada persyaratan yang juga harus dipenuhi.

“Untuk itu, harus terus semangat kerja untuk mencapai standar internasional, dan meningkatkan pelayanan dengan revolusi industri 4.0.  Jadi kita mengarah kepada digital sehingga pelayanan transparan dan memudahkan bagi masyarakat untuk mengaksesnya,” katanya.

Ia menuturkan, dukungannya tersebut tetap akan berkoordinasi dengan DPRD Provinsi kalsel. Karena menurutnya, bagaimanapun suksesnya pemerintah adalah sukses DPRD.

“Ini yang selalu saya perjuangkan. Bahwa, kita harus bekerja bersama-sama, tidak ada kesuksesan sendiri-sendiri ataupun ego sektoral,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Yazidie Fauzi mengatakan, jika Gubernur sudah mendukung, DPRD tentu mendukung, dengan cara menyetujui anggaran yang diusulkan oleh pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan.

“Artinya cita-cita pihak manajemen RSUD Moch Ansari Saleh untuk mencapai standar internasional tersebut akan kami dukung sepenuhnya, sesuai kapasitas kami,” pungkas Yazidie.

Baca Juga :   ASN Pemprov Kalsel Adopsi 824 Pohon

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here