Ming. Jan 24th, 2021

RSUD Setara Bakal Dibenahi agar Setara RSUD Abdul Aziz

2 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Satgas Pelayanan Publik Kabupaten Barito Kuala (Batola) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Setara di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Rabu (25/11/2020).

Kunjungan di rumah sakit kedua milik Pemkab Batola itu dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor yang juga merupakan Ketua Satgas, Pj Sekda H Abdul Manaf selaku Sekretaris Satgas, dan beberapa anggota seperti Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony, Kepala Bappelitbang Zulkifli Yadi Noor, Kepala Diskominfo Akhmad Wahyuni, Kepala Inspektorat Ismed Zulfikar, Kabag Organisasi Ibadurrahman, dan lainnya.

Rahmadian Noor menerangkan, kedatangan tim ini bukanlah mencari kesalahan di RSUD Setara, melainkan memberikan evaluasi dan masukan terhadap adanya kekurangan agar bisa diselesaikan bersama.

“Kita di sini dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Batola,” ucap wabup yang akrab disapa Rahmadi ini.

Rahmadi menyampaikan, hal ini sesuai dengan harapan Bupati Hj Noormiliyani AS bahwa tahun 2021 menjadi tahun pelayanan publik di Batola.

Karena itulah, RSUD Setara yang dinilai strategis ini akan dilakukan upaya pembenahan baik dari sisi sarana prasarana, maupun tenaga medis yang setidaknya mampu memberikan pelayanan sesuai standar kepada masyarakat.

Sebelumnya, Rahmadi menyampaikan kondisi geografis Batola yang memanjang menjadikan adanya dua rumah sakit di masing-masing wilayah utara dan selatan menjadi hal yang penting untuk dimiliki.

Hal senada disampaikan Pj Sekda Batola Abdul Manaf yang menyatakan peta geografis Batola memang mengharuskan adanya dua rumah sakit baik itu di utara maupun selatan.

“Hal ini penting agar seluruh masyarakat Batola dapat menerima pelayanan kesehatan yang sama,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Setara Yansi Cristiana merasa senang mendapat kunjungan pihak kabupaten yang menurutnya sebagai bentuk adanya perhatian. Terlebih kunjungannya langsung dipimpin Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Pj Sekda H Abdul Manaf dan jajaran.

Cristiana pun tak menampik, RSUD Setara sangat banyak mengalami kekurangan baik dari segi ruangan, fasilitas kesehatan, maupun tenaga medis.

“Dari hasil visitasi Dinkes provinsi maupun Asosiasi Rumah Sakit Daerah, memang RSUD Setara diminta menurunkan status menjadi klinik karena dianggap belum memenuhi standar pelayanan,” ungkapnya.

Namun begitu, lanjutnya, pihak RSUD Setara tidak tinggal diam, melalui berbagai langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan seperti telah dibelinya lahan di samping rumah sakit seluas 4.500 M2 yang kini sedang tahap pelunasan.

Ia berharap, tahun 2022 mendatang lahan tersebut sudah mulai dibuatkan bangunan agar bisa memenuhi ketentuan standar rumah sakit tipe D sesuai ketentuan kriteria yang mensyaratkan adanya ruangan seperti ruang rontgen, laundry, sanitasi, bedah, dokter spesialis, dan lainnya.

“Saat ini kita belum bisa meminta dokter spesialis, karena belum memiliki ruangannya,” ucapnya.

Reporter: Mahmud Shalihin
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.