Jum. Okt 23rd, 2020

Rudy Resnawan Kukuhkan Pjs Bupati Kotabaru dan Pjs Walikota Banjarbaru

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan mengukuhkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotabaru dan Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu (26/9/2020).

Sesuai SK Mendagri, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotabaru dijabat oleh Muhammad Syariffuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu yang sebelumnya menjabat Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Rudy Resnawan mengucapkan selamat kepada penjabat yang dikukuhkan sebagai Pjs untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai peraturan dan perundang-undangan. “Kita punya harapan agar masyarakat daerah ini rukun dan damai, serta Pilkada serentak tahun ini dapat berjalan sukses dan lancar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, kepada Pjs yang baru dikukuhkan, Rudy mengingatkan bahwa di tahun 2020 ini kembali dilaksanakan Pilkada serentak termasuk di Kalimantan Selatan.

“Untuk itu, kepada Pjs ini saya ingin mengingatkan tentang melaksanakan tugas kewenangan daerah. Rangkul semua kalangan, pastikan netralitas pegawai negeri sipil, dan penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan Pilkada,” ucapnya.

Ia juga berpesan, setelah berakhir masa tugas sebagai Pjs agar jangan lupa untuk menyerahkan hasil laporan Pjs kepada Mendagri melalui Gubernur Kalsel. “Kita doakan bersama, kedua Pjs ini mampu menjalankan tugas dan kewenangan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Terpisah, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, terpilihnya dua nama yang mengisi Pjs di dua daerah tersebut sudah sesuai dengan aturan Mendagri.

“Sebelumnya, kita sudah mengusulkan tiga nama di Kotabaru dan tiga nama di Banjarbaru, akan tetapi usulan yang diterima hanya di Kotabaru. Sedangkan di Banjarbaru tidak diterima. Mungkin ada pertimbangan dari segi kondisi dan sebagainya,” kata Roy.

Sementara itu, Pjs Bupati Kotabaru Muhammad Syariffuddin mengaku tidak menyangka jika dirinya terpilih dan ditunjuk menjadi Pjs Bupati Kotabaru. Pasalnya, dirinya juga baru 18 hari menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya tidak menyangka ditunjuk untuk mengisi jabatan Pjs, tetapi sebagai ASN apa yang ditugaskan kita harus siap,” katanya.

Sebagai Pjs Bupati Kotabaru dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini, dirinya berjanji siap menjaga netralitas ASN, dan melaksanakn Pilkada di Kotabaru yang aman, damai dan kondusif. “Mudah-mudahan Pilkada tahun ini bisa lebih baik lagi dan partisipasi masyarakat lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Adapun pengukuhan Pjs Walikota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu dilakukan secara virtual lantaran dirinya masih berada di Jakarta.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.