Rusunawa Teluk Kelayan, Hunian Idaman Keluarga

2 min read
2.154

KabarKalimantan, Banjarmasin – Rampungnya pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) Teluk Kelayan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR Direktorat Rumah Susun dan ditindaklanjuti Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman tahun 2018 lalu, saat ini mulai mendapat respon cukup baik dari masyarakat.

Kendati pada awal berdirinya Rusunawa Teluk Kelayan masih sepi pendaftar, namun seiring berjalannya waktu, minat masyarakat Kota Banjarmasin yang baru saja membina rumah tangga dan ingin memiliki hunian sementara semakin hari semakin meningkat.

Hal ini dibuktikan dengan terisinya 21 dari 58 hunian yang disiapkan. Bahkan sampai saat ini masih ada pendaftar dan dalam tahap seleksi.

Baca Juga :   ​Mutu Pendidikan Kalsel Harus Ditingkatkan

Pembangunan Rusunawa Teluk Kelayan senilai Rp 16 miliar dari APBN tersebut banyak memiliki kelebihan dibanding dengan dua Rusunawa yang sudah dibangun sebelumnya di wilayah jalan tembus Mantuil, Banjarmasin Selatan.

Dengan tipe ruangan 36, Rusunawa Teluk Kelayan memiliki 3 tingkat hunian yang mana setiap lantainya terdapat 16 unit hunian. Fasilitas di tiap huniannya juga lebih lengkap, mulai dari tempat tidur utama, tempat tidur susun, almari sedang dan almari besar satu pintu, sofa dua seater, meja tamu partisi, serta meja kursi makan.

Di lantai 1 Rusunawa Teluk Kelayan tersebut juga terdapat 10 hunian yang diperuntukkan khusus bagi lansia dan masyarakat berkebutuhan khusus (Disabilias).

Baca Juga :   Hebat, Masriah Bangun Sekolah Non Formal Secara Swadaya

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Kumuh Kota Banjarmasin A Fanani Syaifuddin menambahkan, Rusunawa Teluk Kelayan juga memiliki sarana utilitas yang lain seperti uang serbaguna, ruang duka, minimarket, kantor pengelola, musholla, toilet umum, gudang, ruang panel, janitor serta ground water tank (GWT).

Lebih lanjut, Fanani juga menjelaskan, selain diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Rusunawa Teluk Kelayan juga diperuntukkan bagi masyarakat umum dengan ketentuan syarat memiliki KTP, KK, memiliki pekerjaan tetap, sudah menikah dan berpenghasilan rendah dengan pendapatan maksimal dua kali UMP.

Baca Juga :   Dewan Pantau Proses Penyekatan di Pintu Masuk Banjarmasin

“Asalkan syarat tersebut terpenuhi, maka warga Kota Banjarmasin yang ingin tinggal di Rusunawa Teluk Kelayan bisa menempatinya,” imbuhnya.

Fanani mengungkapkan, biaya sewa di Rusunawa Teluk Kelayan terbilang murah sebagai tempat tinggal sementara. Bahkan rencananya, penghuni Rusunawa nantinya akan diikutkan dalam program tabungan keluarga yang akan bisa mereka pakai untuk dijadikan DP apabila mereka ingin mengkredit ataupun membeli rumah sendiri.

“Jadi tunggu apa lagi, ayo segera mendaftar ke Rusunawa, mulailah langkah awal keluarga baru sebagai salah satu jembatan menuju hunian impian Anda,” tandasnya.

Reporter: Budi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *