Menu

Mode Gelap

Seni Budaya · 4 Mar 2019 20:40 WIB ·

Sambut Nyepi, Ribuan Umat Hindu se-Kalsel ‘Sucikan Diri’ di Pantai Madani


 Sambut Nyepi, Ribuan Umat Hindu se-Kalsel ‘Sucikan Diri’ di Pantai Madani Perbesar

KabarKalimantan, Batulicin – Ribuan umat Hindu yang tergabung dalam Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) se-Provinsi Kalimantan Selatan bekumpul di Pantai Madani Tanjung Batu, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk mengelar Upacara Melasti (pembersihan diri) menyambut Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941, Senin (4/3/2019).

Ketua PHDI Kalsel I Ketut Artika mengatakan, Melasti merupakan ajang silaturrahmi bagi umat Hindu yang ada di Kalsel pada khususnya, dan juga ajang silaturrahmi dan kebersamaan bagi suku bangsa yang turut memeriahkan kegiatan tersebut.

“Ucapan syukur kepada yang maha kuasa, di mana saat ini kita kembali dapat berkumpul dan bersilaturrahmi antar Umat Hindu se-Kalsel, dan sekaligus melaksanakan kegiatan peribadatan di pantai Madani ini,” ujarnya.

Baca Juga :   KPH Kusan Sebut Daerah Mantewe Jadi Wadah Tumpukan Kayu Ilegal

Menurutnya, upacara Melasti merupakan kegiatan keagamaan bagi umat Hindu dalam rangka menyucikan diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Umat Hindu sangat meyakini bahwa air (buana tirta) merupakan sarana penyucian diri dari segala keburukan yang telah dilakukan.

Untuk itu, ia mengajak semua umat Hindu agar melestarikan agama dan budaya yang diyakini dengan senantiasa melaksanakan tahapan peribadatan yang akan dilaksanakan dengan baik.

I Ketut Artika juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dalam membantu menyukseskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh umat Hindu selama ini.

Baca Juga :   Pemkab Tanbu Serahkan Bantuan Program YESS untuk Petani Milenial

Menurutnya, perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Bumbu sangat dirasakan. Hal ini dapat dilihat dari difasilitasi dan ketersediaan sarana dan prasarana tempat pelaksanaan di pantai Madani.

“Atas nama umat Hindu se-Kalsel, saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah memberikan bantuan dana dalam rangka terselenggaranya kegiatan keagamaan bagi warga Hindu,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sartono sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan Melasti sebagai khasanah Nusantara yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu perlu didukung bersama, agar terlaksana dengan baik sehingga mampu menjadi ikon wisata budaya di Bumi Bersujud.

Baca Juga :   Jalan Mulus di Tanah Bumbu, Jangan Lupa Jasa Mardani!

“Ini merupakan salah satu khasanah budaya yang harus kita dukung bersama, sebab kegiatan ini juga akan turut mengangkat nama kabupaten kita,” ujarnya.

Dikatakanya, kegiatan melasti yang dilaksanakan di Pantai Madani tersebut, tidak hanya menjadi ajang pelaksanaan ritual keagamaan umat Hindu saja, akan tetapi juga menjadi ajang promosi wisata daerah. Di mana melalui kegiatan ini, ada ribuan masyarakat dari luar kabupaten yang juga turut menghadiri acara tahunan tersebut.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mengangkat objek wisata yang ada di Tanah Bumbu, khususnya Pantai Madani Tanjung Batu yang masih asri,” paparnya.

Slamet Riadi

 

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bappenas Nilai Pembangunan Bendungan Kusan Sangat Prospek 

24 November 2021 - 18:40 WIB

Ini yang Dilakukan Satgas Covid-19 Tanbu hingga Mampu Turunkan Level PPKM

23 November 2021 - 21:05 WIB

Babat Aktivitas Penambangan Batubara Ilegal di Tanbu, Dua WN Tiongkok Diamankan

23 November 2021 - 13:13 WIB

Pemkab Tanbu Turut Peringati HMPI dengan Tanam Pohon

23 November 2021 - 13:11 WIB

Zairullah Minta SKPD Bekerja Lebih Profesional dalam Jalankan RAPBD Tahun 2022

20 November 2021 - 08:30 WIB

Bupati Zairullah Pimpin Rakor Antisipasi Potensi Bencana

19 November 2021 - 22:36 WIB

Trending di Tanah Bumbu