Sampah Eceng Gondok Meluber di Jalan Veteran, Pemerintah Saling Lempar Tanggung Jawab

535

KabarKalimantan, Banjarmasin – Murjani, salah seorang warga Veteran mengeluhkan dengan adanya tumpukan sampah eceng gondok yang meluber di Jalan Veteran.

Dia terpaksa membersihkan sendiri tumpukan eceng gondok yang sudah mengering itu karena merasa tidak tahan.

Murjani meminta agar pemerintah bertanggungjawab dengan pekerjaannya. “Kerja itu jangan setengah-setengah. Sungainya dibersihkan. Tapi sampahnya ditumpuk di jalan,” ketusnya, Selasa (11/6/2019).

Juru parkir di kawasan Jalan Veteran ini mengatakan, keberadaan tumpukan sampah sepanjang ratusan meter itu sudah tergolong lama. “Dari Ramadhan lalu sudah ada. Dari masih hijau sampai layu seperti ini masih belum diangkut,” keluhanya.

Mengkonfirmasi keberadaan sampah yang menumpuk sepanjang ratusan meter itu. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Mukhyar menepis bahwa itu hasil pekerjaan DLH.

“Itu pekerjaan Dinas PUPR. Silakan konfirmasi ke PUPR. Pembersihan itu tidak ada koordinasi dengan DLH,” jelasnya.

Mukhyar mengatakan, pihaknya sebenarnya bersedia membantu membersihkan asal ada permintaan. “Kami sebenarnya mau saja membantu. Asal diminta. Tapi sampai saat ini tidak ada koordinasi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sungai Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Banjarmasin, Hizbul Wathoni kembali menepis tumpukan sampah itu akibat dari pekerjaan mereka.

Dia mengatakan, bahwa pembersihan Sungai Veteran dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II. “Ini hasil pekerjaan balai sungai,” jawabnya saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Saat dihubung, Bagian Administrasi BWSK II, Hamidan memang mengakui adanya tumpukan sampah itu hasil dari pekerjaan mereka. Hanya saja, dia mengaku tidak mengetahui jika belum dibersihkan.

“Iya memang kami yang kerjakan. Saya kira sudah dibersihkan,” katanya.

Hamidan berjanji BWSK II bekerjasama dengan PUPR Banjarmasin akan segera mengangkut sampah itu sesegera mungkin.

“Sampah itu akan kami diangkut dalam pekan ini. Sedang lokasi pembuangannya PUPR Banjarmasin yang sediakan,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here