Sampah Rusak Pemandangan Sungai Banjarmasin

1208

Dalam beberapa hari terakhir Sungai Martapura yang membelah Kota Banjarmasin dipenuhi sampah. Tumpukan sampah terlihat di bawah Jembatan Antasari.

Wartawan: Smara Aqdimul Azmi

Sampah kiriman dari luar daerah ini berupa potongan batang bambu dan plastik.

Melihat kondisi ini, anggota DPRD Banjarmasin Syahrani mengaku prihatin. Menurut anggota Komisi III ini, tumpukan sampah jelas merusak pemandangan sungai di ibukota Kalsel ini.

Menurutnya, sampah kiriman yang menumpuk di Banjarmasin seakan sudah menjadi fenomena tahunan. “Sampah kiriman seperti itu terjadi tiap tahun, dan sangat tidak baik jika dibiarkan lama menggenangi sungai,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, saat ini Pemkot Banjarmasin sedang giat promosi mengenai wisata sungai. “Tumpukan sampah ini membuat pemandangan menjadi tidak elok. Bagaimana kita meyakinkan orang mengenai indahnya sungai kita kalau ada tumpukan sampah di sana,” tegasnya.

Ia meminta, pihak Pemkot Banjarmasin secepatnya mengatasi masalah ini. “Kalau perlu tenaga dan armada pembersih sampah sungai harus ditambah. Kalau dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa wisata air kita akan kurang diminati,” jelasnya.

Mengenai alasan kekurangan anggaran untuk menjaga kebersihan sungai, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini memastikan DPRD Banjarmasin siap memberikan dukungan. “Jika diperlukan penambahan dana, kami siap memberikan dukungan,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here