Jum. Jan 22nd, 2021

Sasirangan Khas Balangan ‘Unjuk Gigi’ di Event Fashion Show Virtual

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Ajang Fashion Show Virtual yang digelar Bank Indonesia di Banjarmasin membawa nama besar bagi pengrajin sasirangan di Balangan. Bahkan, event ini dianggap mampu membuat sasirangan Balangan semakin naik daun.

Tak hanya menawarkan corak yang dianggap menarik dibalut warna gelap dan terang, pengrajin sasirangan Balangan juga tak meninggalkan kekhasan desain pakaian yang mereka ciptakan.

Di bawah binaan Nursidah Ansharuddin, sasirangan Kabupaten Balangan tembus dalam event bergengsi. Nursidah juga memilih Nabil Salim sebagai pelatih dan pembimbing membuat sasirangan di Balangan. Terlebih Nabil Salim merupakan fashion desainer nasional Kalsel.

Di tangan Nabil Salim, para pengrajin sasirangan tak hanya belajar tentang bagaimana mengolah sasirangan. Namun juga memahami bahan dan desain dari pewarnaan. Selain itu tata cara penempatan desainnya agar mudah saat diolah menjadi pakaian.

“Saya bangga, semakin ke sini sasirangan Kabupaten Balangan dikenal dan naik daun. Tentunya ini juga merupakan hasil binaan dari fashion desainer Nabil Salim,” ucap Nursidah, Kamis (22/10/2020).

Pembinaan yang dilakukan terhadap puluhan pengrajin sasirangan di Balangan membawa nama baik bagi wilayah Bumi Sanggam tersebut.

Belakangan, ujar Nursidah, pembinaan terhadap para pengrajin sasirangan itu juga intens dilakukan. Pengetahuan baru dan upaya pemasarannya juga disampaikan. Sehingga sasirangan lebih diminati konsumen.

Sementara itu, Nabil Salim mengatakan, sasirangan Balangan diikutsertakan pada event fashion show virtual merupakan adanya kerjasama semua dinas terkait, ketua Dekranasda, dan para pengrajin yang begitu kompak. Terlebih sasirangannya pun sudah layak untuk dipamerkan.

“Sebagai desainer, saya salut akan Kabupaten Balangan karena kekompakan dan kecerdasan dari Ketua Dekranasda yang patut dicontoh oleh kabupaten lain. Terutama dalam keseriusan meningkatkan ekonomi rakyat,” ucap Nabil.

Nabil pun berharap, dari berbagai event yang diikuti dan pelatihan yang diselenggarakan, para pengrajin sasirangan di Balangan bisa membawa nama Bumi Sanggam ke kancah nasional.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.