Jum. Agu 7th, 2020

Satreskrim Polres Tanbu Berhasil Ungkap 10 Kasus, Diantaranya Penipuan Modus Baru

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Polres Kabupaten Tanah Bumbu berhasil mengungkap berbagai kasus kriminal yang terjadi di wilayah hukum Bumi Bersujud.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di halaman Mapolres Tanbu, Kamis (2/7/2020) sekaligus menghadirkan 12 tersangka dari 10 kasus yang berhasil diungkap tersebut.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki mengatakan, kasus tindak pidana yang berhasil ditangani jajaran Satreskrim ini yakni dua kasus curanmor, empat kasus pencurian, tiga kasus pengelapan dan satu kasus pencabulan. “Dari 12 tersangka, diantaranya ada satu pelaku wanita,” ujarnya.

Sementara dari sepuluh kasus yang diungkap iti, lanjut Kapolres, yang paling menonjol adalah kasus penipuan dan pencurian dengan modus terbaru. Pelaku menawarkan kredit mobil jenis Pajero Sport dengan meminta uang muka kepada korban sebesar Rp 115 juta. Padahal mobil yang ditawarkan tersangka hanya fiktif.

“Dalam hal itu, pelaku mengelabui korban dengan terlebih dulu memberikan jaminan satu unit mobil Fortuner jenis terbaru. Bahkan diperkuat surat perjanjian yang mengharuskan korban membayar cicilan kredit setiap bulan untuk melunasi mobil Pajero Sport yang bahkan belum dilihat korban,” jelasnya.

Setelah sebulan usai pertemuan pertama, lanjut Kapolres, pelaku datang untuk menagih uang cicilan kepada korban. Tetapi korban tidak mau membayar, sehingga pelaku akhirnya mobil yang dijaminkan oleh pelaku kepada korban ditarik kembali menggunakan kunci duplikat.

Merasa janggal, setelah uang muka ratusan juta yang diserahkan korban kepada pelaku serta mobil Pajero Sport yang dijanjikan juga tak kunjung datang, bebernya, korban yang merasa dirugikan pun melaporkan kejadian itu ke Mapolres Tanbu.

“Setelah menerima laporan itu, kami langsung bergerak menindaklanjutinya melalui jajaran Satreskrim. Kerja keras tim pun berbuah manis dengan berhasil meringkus tiha pelaku berinisial MH, HD dan HSA yang diciduk di tiga tempat berbeda. Satu ditangkap di Kecamatan Daha Selatan, satu lagi di Sungai Tabuk, dan satunya lagu di Banjarmasin,” tandasnya.

Kapolres menambahkan, tiga pelaku ini pun langsung digelandang ke dalam tahanan Mapolres Tanbu beserta barang bukti berupa satu unit mobil Fortuner. “Para tersangka ini akan di jerat dengan Pasal 362 KUHP dan Pasal 378 KUHP, tentang penipuan dan pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanbu AKP Andi M Iqbal mengimbau kepada masyarakat apabila ingin membeli sepeda motor ataupun mobil,  hendaknya langsung mendatangi dealer resmi agar lebih aman. “Saya berpesan, masyarakat selalu waspada, karena tindak kejahatan selalu mengintai kita,” katanya.

Andi menambahkan, kasus tindak kejahatan ditangani ini akan terus pihaknya kembangkan. “Kasus ini akan terus kami telusuri, dan bekerja lebih ekstra lagi agar wikayah Kabupaten Tanah Bumbu lebih aman dan kondusif,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.