Rab. Mei 27th, 2020

Satu Warga Dinyatakan Positif Terpapar Corona, Pemkab Balangan Tingkatkan Monitoring terhadap Cluster Gowa

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Balangan dinyatakan postif terpapar Covid-19. Pernyataan itu didapat usai yang bersangkutan yang mempunyai riwayat perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan itu menjalani pemeriksaan medis, Kamis (9/4/2020).

Sebelum terkonfirmasi positif, pasien yang merupakan warga di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi tersebut dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada Senin (6/4/2020). Pasien ini juga sempat dirujuk ke ke RSUD Boejasin, Pelaihari untuk dilakukan perawatan.

Dari riwayat perjalanannya, ia kembali dari Gowa pada 23 Maret lalu. Kemudian, gejala yang mengarah pada Covid-19 mulai muncul pada 1 April 2020. Saat itu ia mengeluh merasa tidak enak badan.  Kemudian pada 2 April dicek suhu badan mencapai 38,4 derajat celcius dan diberi obat penurun panas.

“Kemudian dilakukan lagi pemeriksaan pada 5 April. Ia mengeluh sakit yang gelajala masuk sucpect Covid-19. Ia pun langsung dinyatakan PDP dan dirujuk ke RSUD Boejasin,” jelas Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan, sekaligus Bupati Balangan H Ansharuddin saat press conference dengan awak media, Kamis (9/4/2020) malam.

Baca Juga :   Terkait Maklumat Kapolri, Kapolres Tanbu Minta Masyarakat Hindari Kumpul-kumpul Orang Banyak

Mengacu pada riwayat perjalanan si pasien yang saat ini dinyatakan positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Balangan pun akan meningkatkan monitoring terhadap cluster Gowa dari Kabupaten Balangan, serta melakukan tracking terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan pasien tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Balangan Erwan Mega menambahkan, saat ini tenaga kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 mendata ada 43 orang warga Balangan yang merupakan cluster Gowa. Secara bertahap, 43 orang itu akan dilakukan pemeriksaan rapid test sebanyak dua kali agar hasil test tersebut lebih meyakinkan.

“Sepertiga orang yang datang dari Gowa susah dilakukan pemeriksaan. Tapi, petugas kesehatan terus berupaya setiap harinya melakukan pemeriksaan rapid test kepada mereka yang belum diperiksa,” tegas Erwan yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Balangan.

Selain menyatakan satu orang warga Balangan terkonfirmasi positif Covid-19, tambah Erwan, ada lagi satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang baru terdata.

Baca Juga :   Warga yang Melintas di Perbatasan Kotabaru-Tanah Bumbu Wilayah Desa Batu Ampar Dilakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh

Dijelaskannya, yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Paringin Selatan yang dua kali hasil pemeriksaan rapid testnya terbaca reaktif. Dalam artian, dalam tubuhnya terdapat virus, namun masih secara umum.

“Masih dalam status PDP ringan. Ia akan kita karantina dan isolasi secara mandiri namun tetap dalam pengawasan secara intens,” ujarnya.

Data terakhir Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Balangan per 9 April 2020 pukul 17.00 Wita, warga berstatus ODP sebanyak 39 orang, PDP sebanyak 1 orang dan terkonfirmasi positif 1 orang.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.