Sebagian PHL PTPN XIII Masih Mogok Kerja

101

KabarKalimantan, Batulicin – Tiga hari sudah, ratusan pekerja harian lepas (PHL) di perusahaan perkebunan karet PTPN XIII Karang Bintang mogok kerja. Hingga kini, belum juga ada solusi dari pihak perusahaan.

Terkait permasalahan antara pekerja dan perusahaan itu, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H Supiansyah ZA mengaku tak mengetahuinya.

“Kalau masyarakat mengadu ke DPRD, tentunya pasti akan kami tanggapinya, apalagi itu kan sebuah masalah yang cukup besar,” katanya, Jumat (25/10/2019).

Sementara itu, Koordinator PHL Efdeling 1 Kamran mengatakan, saat ini sebagian anggotanya sudah ada yang mulai bekerja, sementara yang lainnya masih kekeuh untuk mogok kerja.

“Seperti yang kami sampaikan kemarin. Kami ingin upah sadap karet PHL tetap Rp 6.000/Kg. Jika diturunkan, itu sama saja membunuh kami secara perlahan. Sebab, pada musim kemarau seperti ini hasil sadapan sedikit, beda dengan hasil pada musim hujan,” tegasnya.

Ia membeberkan, sebagian PHL yang memilih untuk kembali bekerja tersebut karena tuntutan hidup.

Tampaknya, lanjut Kamran, pihak perusahaan juga masih mempertahankan keputusan penurunan upah yang diberitahukan melalui surat edaran beberapa hari lalu.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here