Sehari Ada 500 Permohonan KK dan Akta Kelahiran di Disdukcapil Banjarmasin

186

BANJARMASIN, KK – Sejak ujicoba program one day service, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin semakin membeludak oleh warga. 

Hampir setiap hari pelayanan disdukcapil terus penuh. Kepala Dinas Disdukcapil Kota Banjarmasin, Khairul Saleh mengungkapkan,  pelayanan one day service oleh pihaknya tersebut memang berlaku pada jam 08.00 – 11.00 Wita.

 

 “Pelayanannya memang satu hari itu, berkas bisa diterima pada jam segitu maka hari itu paling lama pukul 16.30 Wita sudah bisa diambil,” ucapnya, Selasa (20/12/2016).

 

Khairul mengatakan, warga yang memasukkan berkas diatas jam 11.00 tetap mendapatkan pelayanan dengan standar operasional pelayanan (SOP) paling lama 14 hari. “Biar lewat 5 menit atau satu menit pun maka akan dilayani dengan sistem SOP lama,” jelasnya.

 

Pelayanan one day service ini sudah diujicoba sejak bulan November tadi. Selama ujicoba, rata – rata berkas yang diselesaikan dalam satu hari 100 lebih. “Tapi berkas yang masuk rata-rata 500 per hari dan rata – rata dalam satu hari rata -rata 100 berkas yang selesai karena bisa masuk sebelum jam 11.00 Wita,” ujarnya.

 

Umumnya, permohonan yang masuk yakni permohonan Kartu Keluarga dan Akta kelahiran.

 

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, memantau langsung proses pengambilan data KTP di Kecamatan Banjarmasin Barat. “Memang keterlambatan terjadi bukan karena SDM namun karena error pada alat dan servernya sehingga proses pengambilan data terhambat, misalnya alat deteksi mata,” jelasnya. bur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here