Jum. Sep 25th, 2020

Sekali Lagi, DPRD Kalsel Kecewa Anggaran Pendidikan 2018

1 min read

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzi interupsi dana pendidikan saat paripurna nota kesepakatan APBD 2018, Kamis (26/10/2017). Redkal.com/ Rizal

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan, Yazidie Fauzi, mengaku kecewa atas proporsi belanja langsung pendidikan di bawah 5 persen dari total anggaran pendidikan yang ditaksir 22,5 persen dalam RAPBD 2018. Alokasi 22,5 persen itu kurang lebih setara Rp 835 miliar.

“Anggaran belanja langsung tahun 2018 kurang dari 5 persen atau sekitar Rp 248 miliar,” kata Yazidie Fauzi saat Interupsi rapat Paripurna DPRD Kalsel membahas soal nota kesepakatan APBD 2018, Kamis (26/10/2017).

Dibanding tahun 2017, kata dia, anggaran pendidikan tahun 2018 untuk belanja langsung turun separuh dari Rp 446 milar ke Rp 248 miliar. Alhasil, ia khawatir posisi pendidikan Kalsel terancam dan sulit mewujudkan visi misi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Walau kalau digabungkan dengan belanja tidak langsung tahun 2018 lebih besar dibanding tahun 2017. Tapi mengapa harus belanja tidak langsung yang lebih besar,” ujar Yazidie di hadapan Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan yang hadir di rapat paripurna.

Baca Juga :   KAMMI Suarakan Penolakan Kenaikan BBM

Yazidie berasumsi idealnya anggaran belanja langsung pendidikan Kalsel 2018 makin bertambah, bukan justru dipangkas. Sebab, kata dia, kurangnya belanja langsung pedidikan berpengaruh terhadap sarana dan prasarana sekolah di 13 kabupaten/kota.

“Ada ratusan sekolah SMA yang kewenaganya di impahkan ke pemerintah provinsi,” sambung politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia mengingatkan masih banyak sekolah yang belum punya sarana-prasarana yang baik dan butuh diperhatikan. Itu sebabnya, Yazidie berharap Badan Keuangan Daerah, Sekeratis Daerah dan Pemerintah Daerah Kalsel mempertimbangkan kembali alakolasi belanja langsung di Dinas Pendidikan Kalsel.

M. RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.