Menu

Mode Gelap

Kotabaru · 25 Nov 2021 16:09 WIB ·

Sekda Kotabaru Buka Rapat Kerja Optimalisasi Pendapatan Daerah se-Kalsel


 Sekda Kotabaru Buka Rapat Kerja Optimalisasi Pendapatan Daerah se-Kalsel Perbesar

KabarKalimantan, Kotabaru – Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad menghadiri Rapat kerja (Raker) se-Provinsi Kalimantan Selatan terkait optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diselenggarakan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotabaru di Hotel Grand Surya, Kamis (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Said Akhmad mengatakan, kemandirian fiskal daerah merupakan indikator utama dalam mengukur kemampuan pemerintah daerah untuk membiayai sendiri kegiatan pemerintah daerah tanpa tergantung bantuan dari pihak luar termasuk pemerintah pusat.

Dipaparkannya, jika mengacu berdasarkan kriteria daerah belum mandiri yang ditetapkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI), besaran Indek Kapasitas Fiskal (IKF) nol persen sampai dengan 25 persen.

Baca Juga :   Wakapolda Kalsel Tinjau Kebakaran Asrama Polsekta Banjarmasin Utara

“Sedangkan IKF tertinggi kabupaten/kota di Kalimantan Selatan hanya sebesar 19,30 persen dan yang terendah sebesar 6,11 persen. Dengan kata lain keuangan daerah seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan masih belum mandiri,” katanya.

Maka dari itu, lanjutnya, untuk terciptanya kemandirian fiskal daerah diperlukan upaya-upaya optimalisasi PAD seperti, melalui serangkaian kebijakan, tindakan dan strategi, identifikasi potensi PAD,  pengelolaan data potensi dan wajib pajak, serta perbaikan administrasi.

Selain itu juga terus melakukan kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi lainnya atas pajak dan retribusi daerah.

Baca Juga :   Posbindu Mangga Desa Hilir Muara Dapat Kunjungan dari Tim Dinkes Kalsel

“Semoga rapat kerja ini dapat memberikan hasil yang diharapkan dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan PAD, sehingga dapat meningkatkan kemandirian fiskal daerah seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Said Akhmad.

Karena menurutnya, dengan semakin mandirinya keuangan daerah sudah pasti akan menimbulkan kemajuan dalam pembangunan daerah masing-masing dan kemajuan Provinsi Kalimantan Selatan secara keseluruhan.

“Mari kita bersama-sama untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja dan optimalisasi pendapatan asli daerah untuk kemajuan daerah kita, dan mewujudkan Kalimantan Selatan sebagai salah satu provinsi yang termaju di Indonesia,”ajaknya.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Lantik Tiga Camat

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kotabaru H Hairul Aswandi menjelaskan, untuk peserta yang mengikuti acara ini berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Dengan tujuan merumuskan mengenai langkah-langkah optimalisasi PAD menuju kemandirian daerah. Sehingga, lanjutnya, daerah tidak lagi sepenuhnya tergantung alokasi dana pusat maupun dana dari luar dan lebih leluasa penganggarannya untuk daerah .

“Selama ini dana pusat kan cenderung diarahkan seperti DAK, sedangkan Pemerintah Daerah perlu hal lain yang diperlukan tetapi dana tidak ada. Inilah mengapa kita adakan rapat ini,” terangnya.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Chairil Anwar Laksanakan Reses Tahap III di Kecamatan Pulau Laut Barat

25 November 2021 - 21:46 WIB

Sayed Jafar Berharap Kepengurusan Dekranasda Anyar Mampu Kembangkan Ekonomi Kreatif

25 November 2021 - 21:28 WIB

Ernawati Laksanakan Reses Perdana di Desa Limbungan

24 November 2021 - 21:55 WIB

Kejari Siap Bantu BPN Kotabaru Selesaikan Sengketa Tanah

24 November 2021 - 20:08 WIB

Ruspiandi Turut Bangga atas Raihan LPMP Pemkab Kotabaru

23 November 2021 - 17:22 WIB

Ernawati Imbau Masyarakat Tak Lakukan Kerumunan di Malam Pergantian Tahun

23 November 2021 - 17:20 WIB

Trending di Kotabaru