Sab. Jan 16th, 2021

Sekda Prov Kalsel Terkejut Dana Pendidikan Cuma 3 Persen

1 min read

Ilustrasi

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sekretarias Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris, terkejut mendengar  anggaran pendidikan Provinsi Kalsel cuma 3 persen dari nilai Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2018.

“Loh 22 persen kan dana pendidikan, coba dicek lagi di Bappeda terkait dengan hal itu,” ujar Abdul Haris setelah Rapat Paripurna di Sekretariat DPRD Kalsel,Kamis (5/10/2017).

Kalaupun benar hanya 3 persen, menurut Haris, itu sangat jauh dari Undang-Undang yang mengamanatkan dana pendidikan 20 persen dalam APBD. Haris menduga ada kesalahan hitung nomenklatur APBD 2018.
“Saya kira ada kekeliruan, itu saja,” kata bekas Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalimantan Selatan itu.

Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, Yusuf Effendi, membenarkan dana pendidikan hanya mendapat jatah 3 persen dalam RAPBD 2018. Yusuf sadar dana sebesar itu sangat minim untuk merespons aspirasi dan usulan para kepala sekolah di Kalsel.

Yusuf berharap anggaran pendidikan bisa ditambah lagi. “Harapan kita bisa disesuaikan lah supaya nantinya membari saran yang baik untuk peserta didin,” kata Yusuf.

Kalaupun APBD murni 2018 kesulitan menambah dana pendidikan, Yusuf akan berusaha mencari sumber pendanaan lain dari APBN. Toh, kata dia, APBN tidak bisa serta merta menutupi kekurangan itu. “Sebab perlu data yang akurat,” kata Yusuf.

M. RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.