Sel. Des 1st, 2020

Sekda Tanbu Harapkan BPD Optimalkan Peran Pengawasan

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Bupati Kabupaten Tanah Bumbu H Sudian Noor diwakili Sekretaris Daerah  (Sekda) H Rooswandi Salem melantik 9 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kersik Putih di Kantor Camat Batulicin, Rabu (29/7/2020).

Pelantikan 9 anggota BPD Kersik Putih untuk masa tugas 2020 – 2026 itu juga turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Camat Batulicin M Yamani dan undangan lainnya.

Rooswandi Salem mengucapkan selamat atas dilantiknya BPD Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin itu. Ia berharap, anggota BPD itu mampu melaksanakan tugas – tugasnya serta meningkatkan sistem pengawasan dan keseimbangan jalannya pemerintah desa setempat.

“BPD merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam Badan Permusyawaratan Desa yang juga sebagai bagian dari pemerintahan desa, sekaligus merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan bagi desanya sendiri,” ucapnya.

Maka dari itu, ia berpesan BPD tidak boleh atau dinilai hanya sebagai “pemberi stempel” untuk memberikan legitimasi kepada pemerintah desa, tetapi benar-benar mejalankan tugas dan fungsinya. Sehingga pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan masyarakat.

Ia menekankan, BPD harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, dan senantiasa melakukan koordinasi maupun konsultasi dinamika kehidupan masyarakat desa dengan kepala desa guna merumuskan langkah kebijakan desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, melalui program alokasi dana desa, BPD dan kepala desa harus mampu mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangannya. Sehingga pelaksanaannya dapat lebih efesien, efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.