Sekretariat DPRD Studi Komparasi ke DPRD Jawa Timur

271

KabarKalimantan, Surabaya – Untuk meningkatkan kualitas kesekretariatan, Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel melaksanakan kujungan kerja ke Sekretariat DPRD Jawa Timur.

Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel Riduansyah mengatakan, dipilihnya Sekretariat DPRD Jawa Timur sebagai tujuan kunjungan kerja kali ini karena sudah termasuk dalam kategori tipe A. Hal ini lah yang dirasa akan menjadi percontohan yang baik bagi Sekretariat DPRD Kalsel.

“Kami berharap, pertemuan ini bisa meningkatkan kapasitas Sekretriat DPRD Kalsel,” kata Riduan dalam kunjungan kerjanya di Ruang Badan Musyawarah DPRD Jawa Timur, Kamis (8/11/2018).

Riduan mengungkapka, pertemuan dan diskusi yang digelar antara Sekretariat DPRD Kalsel dan DPRD Jawa Timur ini diharapkan dapat menguatkan sinergitas di masing-masing instansi, khususnya dalam hal pemberitaan dan kegiatan kehumasan. Terlebih, pemberitaan merupakan salah satu cara penyampaian kegiatan di tingkat legislatif sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Sementara itu, Kabag Umum Sekretariat DPRD Jawa Timur Imam Cholil  menjelaskan, dalam diskusi yang berjalan kurang lebih 1,5 jam itu menitikberatkan pada pelaksanaan kegiatan pemberitaan dan kesekretariatan.

Terkait pemberitaan, Imam juga menjelaskan, mayoritas berita yang disampaikan adalah hal-hal yang positif, tanpa mengurangi sifat kritis awak media dan kebenaran berita yang dipublikasikan. Apalagi berita positif menurutnya lebih diperlukan oleh masyarakat, ketimbang berita-berita buruk yang justru akan mengurangi tingkat kepercayaan terhadap lembaga legislatif.

Di sisi lain, Ketua Pokja Wartawan DPRD Jawa Timur, Rico menerangkan, dalam hal pemberitaan ia berupaya menyatukan anggotanya yang berasal dari berbagai media dengan cara diskusi santai tiap hari.

Menurutnya, langkah itu dinilai lebih efektif, tak hanya bagi pemberitaan di tingkat legislatif namun juga meningkatkan kesolidan dan hubungan baik antar anggota.

M Rizal Khalqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here