Jum. Apr 10th, 2020

Sekwan DPRD Balangan Ingatkan Staf Pendamping Reses Anggota Dewan

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Anggota DPRD Balangan terpilih periode 2019-2024 me­laksanakan reses pertama dengan mendatangi konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) ma­sing-masing, Rabu (26/2/2020).

Sekwan DPRD Balangan Ardiansyah menyampaikan, dalam kegi­atan reses ini anggota dewan menyerap as­pi­rasi masyarakat dan juga sebagai aja­ng silaturahmi.

Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat kepada anggota dewan, kata dia, adalah terkait usul­an pembangunan di wilayah ter­sebut. “Setelah disampaikan, as­pirasi tersebut akan dibawa ke Mu­s­renbang tingkat kabupaten,” terang Ardiansyah.

Ia menjelaskan, dalam se­tahun anggota dewan me­la­k­sa­nakan reses tergantung masa si­dang, namun biasanya dalam se­ta­hun tiga kali dilaksanakan.

Masyarakat pun dipersilakan men­yampaikan aspirasi yang memang dibutuhkan terkait pem­ba­ng­un­an. ”Man­fa­at­kan moment ini se­ba­ik-baiknya, usulkan aspirasi yang mem­ba­ngun agar wilayah kita bisa ma­ju,” katanya.

Kemudian, Sekwan juga mengingatkan para staf sekretariat DPRD yang akan mendampingi anggota dewan untuk reses agar benar-benar mendampingi para wakil rakyat tersebut agar efektif, terpublis dan tanpa terkendala, baik dari segi administrasi anggraan ataupun yang lainnya .

Sementara itu, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan mengatakan, reses me­ru­pakan salah satu pintu ma­suk, atas usulan masyarakat ter­hadap berbagai pembangunan  ya­ng disampaikan kepada ang­go­ta DPRD Kabupaten Ba­la­ngan.

Kemudian, usulan yang di­tampung oleh 25 anggota de­wan, akan disampaikan kepada Peme­rintah Kabupaten Balangan agar dijadikan program prioritas di tahun yang akan datang.

Untuk memulai pe­rencanaan anggaran, lanjutnya, dibukalah kran-kran aspirasi dari mas­ya­rakat, seperti musyawarah rencana pembangunan (Mus­rem­bang). Sama halnya dengan reses, yang notabene pintu masuk pe­rencanaan anggaran peme­rin­tah daerah.

“Dengan keterbatasan Ang­gar­an Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), reses di­ha­rap­kan mampu mengover usulan mas­ya­rakat agar menjadi skala prio­ritas pembangunan di setiap Da­pil,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.