Sel. Jun 2nd, 2020

Selain Penanganan Kasus Corona, DPRD Balangan Minta Pelayanan Kesehatan Umum Tetap Terlaksana

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Saat semua elemen waspada terhadap ancaman Covid-19, DPRD Balangan berharap instansi pemerintah harus tetap fokus pada pelayanan lain yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama layanan kesehatan.

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan meminta, layanan publik di bidang kesehatan umum tetap berjalan maksimal di tengah masih merebaknya Covid-19.

Hal ini terkait adanya keluhan masyarakat yang sedikit kecewa dengan adanya pembatasan layanan kesehatan umum akibat wabah corona. Namun, kalangan wakil rakyat juga memaklumi keadaan tersebut.

“Pelayanan kesehatan umun harus berjalan normal hingga ke tingkat Puskesmas, kendati saat ini pemerintah tengah sibuk menanggulangi penyebaran virus corona. Sebab, masyarakat tetap membutuhkan layanan kesehatan dasar, di luar kasus corona, seperti pemeriksaan ibu hamil dan melahirkan,” ucap Fauzan kepada Redkal.com, Selasa (12/5/2020).

Sedangkan dalam menangani kasus Covid-19, Fauzan meminta RSUD Balangan untuk memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki. Seperti menyiapkan ruang rawat inap, ruang isolasi, serta sarana lainnya.

Begitu juga dengan keberadan sumber daya manusia (SDM) yang harus dimaksimalkan dalam menangani pandemi Covid-19 ini, mulai dari para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

“Seluruh sarana yang ada diharapkan dan harus menjadi tempat layanan umum atay dasar penanganan kesehatan,” tandasnya.

Terpisah, Direktur RSUD Balangan dr Ferry menyampaikan, ada tujuh ruangan isolasi yang dibangun di RSUD Balangan untuk penanganan pasien Covid-19. Saat ini masih proses penyelesaian dan pelengkapan peralatan, sarana dan prasarananya.

“Ruang isolasi sudah kami disediakan, semoga dengan memiliki ruang isolasi sendiri, penanganan pasien suspect corona bisa dilakukan dengan cepat. Jadi kita tidak menunggu rujukan lagi. Karena dari pengalaman, untuk merujuk pasien Covid-19 sedikit susah,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.