Kam. Apr 9th, 2020

Sentra Pengaduan Masyarakat, Wujudkan Pembangunan yang Bersih

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Inspektorat Daerah Tanah Bumbu, Kejaksan Negeri Tanah Bumbu serta Polres Tanah Bumbu bekerjasama menggelar sosialisasi pengaduan masyarakat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan untuk melihat sejauh mana respon masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, sehingga masyarakat bisa menilai bahwa kegiatan tersebut berjalan semestinya atau ada penyimpangan.

Kepala Kantor Inspektorat Tanah Bumbu Ikhsan Budiman mengungkapkan, dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat yang terwakili oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dapat turut melakukan pengawasan terhadap kegiatan pelayanan publik dan pembangunan di tingkat desa.

“Kenapa BPD yang kita pilih, karena kami menganggap mereka sebagai mitra pengawasan yang ada di desa. Kami tidak bisa melakukan pengawasan sendiri, jadi kami perlu adanya mitra di desa. Kami menganggap BPD merupakan mitra yang potensial memberikan masukan terhadap pelaksanaan pembangunan yang ada di desa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa,” ujar Ikhsan.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Thaha yang mewakili Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menyampaikan, sesuai tuntunan reformasi saat ini, hak atas pelayanan yang berkualitas bagi setiap warga negara sangat diutamakan. Sebab, masyarakat terus menginginkan pelayanan yang baik, benar dan berkualitas.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi media dan mendorong masyarakat untuk membangun komunikasi yang efektif dan produktif dalam pengawasan pelaksanaan pelayanan publik, dan melaporkan apabila terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah agar pembangunan menjadi lebih terkontrol,” ujarnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.