Sepenggal KIsah Perjalanan Hidup Paman Birin, Dari Buruh Pelabuhan hingga Jadi Gubernur

2385

KabarKalimantan, Banjarmasin – Semasa muda, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor rupanya pernah menjadi buruh di pelabuhan. Hal itu ia ceritakan dalam Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) di Siring 0 Km Banjarmasin, Rabu (1/5/2019).

Ia mengatakan, semasa kecil dirinya harus dihadapkan dengan perpisahan ayah dan ibunya. Saat itu, ia belum mengerti tentang apa itu perceraian.

“Jadi, dulu waktu kecil sempat ikut bapak tinggal bersama ibu tiri. Namun, karena tak tahan saya pun kembali tinggal bersama ibu kandung,” kata Paman Birin mencerikan kisahnya.

Padahal saat itu, ibunda tercintanya juga tidak memiliki penghasilan yang tetap dan berkerja apa saja yang dapat dikerjakan asalkan halal.

“Ibu saya dulu sempat jualan kue, mengupas kulit bawang di Pasar Lima. Dari sanalah saya mulai kenal para buruh. Di lingkungan itu lah, saya bekerja serabutan, mulai jadi buruh pasar dan pelabuhan, penjaga toko, tukang ojek, bahkan jaga malam,” bebernya.

Baca Juga :   Memberdayakan Masyarakat melalui Program Padat Karya Tunai

Namun ujar Paman Birin, seiring berjalannya waktu dan semangat untuk membahagiakan orangtua, dirinya bisa berada di posisi saat ini karena membaca QS Al-Alaq yang di awal ayatnya memerintahkan untuk “Iqra” yang artinya “bacalah”.

“Karena ayat dalam alquran, yang memerintahkan untuk “bacalah” yang arti dalam umumnya mengharuskan kita untuk belajar dan terus belajar. Dan kalau kita mau yakin pasti akan bisa meraih kesuksesan. Istilahnya, batu saja ketika ditetesi air setiap saat bisa berlubang, sama seperti ilmu, kalau mau belajar terus pasti ada hasilnya. Namun disamping itu kita juga harus taat kepada orangtua,” tandasnya.

Nah, pada peringatan Mayday ini ia sangat senang dilaksanakan dengan hal positif seperti gerak jalan tersebut. Menurutnya, selain membangun masyarakat sehat dan kuat juga dapat menjalin nilai persaudaraan dan kebersamaan.

“Semoga dengan cerita tadi dapat menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa tidak menutup kemungkinan buruh atau anak buruh dapat menjadi gunernur selama kita masih mau untuk terus belajar, berusaha dan bergerak,” ucap Paman Birin memberi semangat kepada para buruh.

Baca Juga :   Kalsel Sinergis Mencegah Karhutla

Sementara itu, mendengar cerita Paman Birin tersebut, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan, Panji Wibisana mengaku terkejut dan kagum dengan sosok Paman Birin.

“Luar biasa Gubernur Kalimantan Selatan ini, ternyata beliau juga dari buruh meniti karier sampai menjadi gubernur, kami dari BPJS Ketenagakerjaan kagum dengan Paman Birin,” pungkas Panji.[]

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here