Jum. Jan 22nd, 2021

SHM-MAR Diprediksi Unggul Mutlak di Pilkada Tanbu 

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanah Bumbu akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Namun, utak-atik siapa yang akan unggul di Pilkada Tanah Bumbu sudah mulai dilakukan sejumlah pihak.

Kalsel Research Center pun tak mau ketinggalan untuk melakukan polling mengukur elektabilitas tiga pasangan calon yang bertarung di Pilkada Tanah Bumbu. Hasilnya, pasangan Syafruddin H Maming-M Alpiya Rakhman (SHM-MAR) unggul mutlak atas dua pasangan lain yakni Zairullah-M Rusli dan Mila Karmila-Zainal Arifin. Dari 1283 suara yang masuk, pasangan SHM-MAR meraih 1101 suara atau 85,8%, Zairullah-M Rusli mendapatkan 139 suara atau 10,9%, serta pasangan Mila Karmila-Zainal Arifin yang meraih 3,4% atau 43 suara.

Direktur Kalsel Research Center Anwar Chalid menuturkan, pasangan SHM-MAR dinilai paling kuat hingga ke akar rumput karena memiliki rekam jejak yang baik. “Hasil polling ini adalah gambaran dari mimpi masyarakat Tanah Bumbu terhadap pemimpin mereka yang diharapkan dapat menghadirkan kesejahteraan,” ujarnya.

Menurutnya, program-program yang ditawarkan pasangan SHM-MAR sangat mengena bagi masyarakat Tanah Bumbu. Pasangan SHM-MAR akan melanjutkan program tri dharma pembangunan yakni bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Program ini sudah berjalan dengan baik di era kepemimpinan bupati terdahulu Mardani H Maming yang merupakan adik dari Syafruddin H Maming.

Anwar menjelaskan, berdasarkan data milik Kalsel Research Center, hampir setengah penduduk berusia 15 tahun ke atas di Kabupaten Tanah Bumbu memiliki ijazah SD dan bahkan tidak memiliki ijazah. Jumlah penduduk dengan ijazah tertinggi Diploma dan Sarjana juga masih cukup rendah.

“Keberhasilan pendidikan di suatu daerah dapat dilihat salah satunya dari Angka Partisipasi Sekolah (APS). Untuk itu melanjutkan program pendidikan gratis sampai 12 tahun, pemberian beasiswa pada anak yang berprestasi serta mahasiswa untuk pendidikan formal dan informal. Termasuk pengiriman siswa sampai ke Hadramaut untuk bidang keagamaan merupakan langkah yang sangat tepat bagi pasangan SHM-MAR,” kata Anwar.

Ia menambahkan, di bidang kesehatan, pasangan SHM-MAR juga akan memberlakukan biaya kesehatan gratis untuk menjaga dan meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu biaya penanganan kesehatan berupa rujukan ke seluruh rumah sakit lain akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

Perihal permasalahan akses jalan yang mengalami kerusakan, pasangan SHM-MAR juga menekankan fokus pada pentingnya pembangunan infrastruktur dengan tujuan menyambung akses antar wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu. Program pembangunan infrastruktur pun akan dilanjutkan dan berfokus pada pembangunan jaringan transportasi darat berupa jalan baru maupun peningkatan kualitas.

Infrastruktur merupakan faktor penentu ekonomi Tanah Bumbu, khususnya ketersambungan akses antar tempat. Jika banyak jalan rusak akan mendapatkan rehabilitasi, tentu akan memberikan rasa aman dan tentunya kenyamanan bagi masyarakat. Pastinya masyarakat juga menantikan hal ini untuk terealisasikan dengan baik dan maksimal. “Jika dilihat dari kapasitas dan track record pasangan SHM-MAR insya Allah hal itu bisa direalisasikan,” katanya.

 

Tim Liputan Kabar Kalimantan

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.