Si Alpin, Perpustakaan Keliling ala Polisi Berangas

1368
Kasat Binmas Polres Batola, AKP Volvy dan Kapolsek Berangas, Ipda A.A Niam meresmikan operasional perpuspling Alpin di Mapolsek Berangas, Kecamatan Alalak, Barito Kuala, Senin (16/10/2017). Redkal.com/ Diananta Putra

KabarKalimantan, Marabahan – Satu unit mobil operasional berkelir abu-abu milik unit Binmas Polsek Berangas, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, itu berubah fungsi. Di dalam mobil, berjejal aneka buku bacaan ilmu pengetahuan yang tersusun rapi di kotak-kotak rak buku.

Mobil operasional pembinaan masyarakat itu, kini punya fungsi tambahan sebagai perpustakaan keliling Alalak Pintar (Alpin). Kepala Polsek Berangas, Inspektur Dua Abdullah Akhsanun Niam dan anggota Babinkamtibmas, tergerak membuat perpusling Alpin karena ingin membantu pemerintah daerah mencerdaskan anak bangsa.

Kepala Satuan Binmas Polres Barito Kuala, Ajun Komisaris Volvy Apriana, menuturkan penamaan Alpin atas inisiatif Kepala Polres Barito Kuala, AKBP Syahril Saharda. Menurut Volvy, baru Polsek Berangas yang punya konsep perpusling mobil polisi di wilayah hukum Polres Barito Kuala.

“Operasional perpusling nantinya difungsionalkan ke sekolah-sekolah, baik tingkat SD, SMP, dan SMA. Karena buku-buku yang disediakan untuk menunjang pelajaran anak-anak sekolah,” ujar AKP Volvy di sela peresmian operasional perpusling Alpin di Markas Polsek Berangas, Senin (16/10/2017).

Baca Juga :   Sosialisasi Pemilu dan Serap Aspirasi ala Golkar Kalsel

Volvy berharap program semacam ini bisa berkelanjutan. “Nanti akan dibuatkan jadwal operasionalnya ke sekolah. Di luar itu, juga ke permukiman warga. Ini akan dirolling ke desa-desa sesuai program dari Kapolsek maupun Binmas,” AKP Volvy menambahkan.

Kepala Polsek Berangas, Inspektur Dua Abdullah Akhsanun Niam, mengatakan mobil perpusling Alpin baru satu minggu uji coba operasi ke sejumlah sekolah dasar di Kecamatan Alalak. Sebagian buku bacaan di perpusling Alpin berasal dari donasi bantuan masyarakat. Menurut Niam, Perpusling Alpin sudah mempunyai 490 buku bacaan yang dipajang di dalam mobil.

“Mudahan ke depan lebih bagus lagi. Harapan kami, kalau ada masyarakat Alalak yang mempunyai buku-buku, dan ingin disumbangka ke perpustakaan Alpin, silahkan,” ujar Ipda Niam.

AKP Volvy dan Ipda Niam bergantian menyiramkan percikan air dari kendi ke dalam mobil sebagai penanda peresmian perpusling Alpin. Niam berharap perpusling bisa bermanfaat dan membawa berkah bagi siswa sekolah di Alalak.

Baca Juga :   Sosialisasi Pemilu dan Serap Aspirasi ala Golkar Kalsel

Tiga anggota Binmas Polsek Berangas mengawaki perpusling Alpin tersebut. Mobil perpusling Alpin menyasar siswa sekolah di pelosok Kecamatan Alalak yang sulit dijangkau polisi. Mobil perpusling Alpin diharapkan meningkatkan minat baca anak-anak sekolah di Kecamatan Alalak.

DIANANTA PUTRA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here