Si Jago Merah Lalap Tiga Rumah Warga Desa Rukam Hilir

103

KabarKalimantan, Amuntai – Warga Desa Rukam Hilir, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) degegrkan dengan musibah kebakaran yang terjadi Selasa (13/3) siang.

Dengan waktu singkat, si jago merah melalap rumah warga yang bangunannya berbahan dasar kayu ulin beratapkan daun rumbia.

Dalam hitungan menit, kobaran api semakin membesar. Puluhan mobil barisan pemadam kebakaran (BPK) pun langsung menyerbu lokasi kebakaran. Namun, sebelum api berhasil dipadamkan. Amukan si jago merah sempat menghanguskan tiga buagh rumah.

Menurut keterangan Hj Juriah, warga yang rumahnya terbakar, kebakaran terjadi saat dirinya tidak berada di rumah, sehingga saat kejadian, ia tidak sempat mengangut barang-barang berharganya.

“Saat api berkobar, saya sedang di rumah tetangga dan tak menyangka kalau rumah saya yang terbakar. Setelah mengetahui api sudah dengan cepat membakar rumah, banyak barang-barang yang tidak sempat diselamatkan, hanya tempat tidur saja yang sempat diangkut warga,” ujar Hj Juriah.

Dari hasil pendataan oleh pihak desa, rumah warga yang terbakar atas nama Hj Juriah, Mastariah dan satu rumah kosong atas nama pemilik Isal yang tidak terbakar sepenuhnya.

“Kami sudah melakukan pendataan warga yang rumahnya terbakar dan sudah diserahkan ke kecamatan. Sedangkan untuk warga yang rumahnya terbakar, terpaksa harus mengungsi ke rumah keluarga dan balai desa sementara ini,” kata Kepala Desa Rukam Hilir, Akhmad Rafi’i.

Sementara itu, Camat Amuntai Selatan Khairussalim yang meninjau lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya akan segera melaporkan data kebakaran tersebut ke dinas terkait yang nantinya untuk usulan menerima bantuan. “Tadi sudah saya koordinasikan bersama kepala desa, semoga nanti ada bantuan untuk warga yang rumahnya terbakar,” sampainya.

Mengingat bahayanya kebakaran, Khairussalim mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati saat meninggalkan rumah, apalagi dengan keadaan kosong. Perlunya mencek alat alat listrik dan pintu serta jendala, saat ingin meninggalkan rumah. Pastikan rumah sudah dalam keadaan aman.

MUHAMMAD YUSUF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here