Siapa Ketua DPRD Kalsel 2019-2024? Puar: Ketua Umum Sudah Kantongi Nama

1947

KabarKalimantan, Banjarmasin – Suara tebanyak tak menjadi acuan utama bagi Partai Golkar untuk menetapkan siapa di antara 12 kadernya yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Kalsel periode 2019-2024. Aturan main berlaku, Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel punya hak untuk menentukan.

Partai Golkar dipastikan menduduki jabatan Ketua DPRD Kalsel. Itu karena kursi yang mereka peroleh pada Pemilu 2019 di Kalsel adalah yang paling banyak ketimbang partai politik lainnya. Dari 55 kursi di DPRD Kalsel, 12 di antaranya sudah menjadi jatah kader Golkar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Haji Rusli adalah peraih suara perorangan terbanyak dari 12 caleg Golkar tersebut. Ketua DPRD Banjar ini mengantongi 51.869 suara dari Pemilu 2019 kemarin.

Sayangnya, peraih suara terbanyak tidak menjadi jaminan bagi Partai Golkar. Untuk menempatkan kadernya pada posisi strategis itu, ada sejumlah kriteria yang sudah jadi ketentuan partai.

Hal itu ditegaskan Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Golkar Kalsel Puar Junaidi. Menurutnya, Ketua Umum DPD Partai Golkar Kalsel berwenang untuk memilih.

“Tidak ada aturan suara terbanyak. Ini kebijakan Ketua DPD. Ketentuan organisasi,” katanya usai buka bersama di sekretariat Partai Golkar Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin pada Selasa (28/5) malam.

Jika penegasan Puar berarti bantahan bagi klaim Haji Rusli, lantas siapa kandidat lainnya yang juga memiliki peluang.

Puar menyebut, kriteria yang ditetapkan partai meliputi beberapa hal. Diantaranya ialah sebagai pengurus harian partai, pendidikan minimal S-1, serta memiliki loyalitas dan dedikasi yang baik bagi partai.

“Kami secara global mengusulkan. Ketua tentunya lebih mengetahui dalam membari penilaian,” ucapnya.

Nah, Selain Haji Rusli, ada nama Hasanuddin Murad. Mantan Bupati Barito Koala dan mantan anggota DPR RI ini merupakan peraih suara perorangan terbanyak kedua. Ia mengantongi 40.482 suara.

Menyusul Hasanuddin Murad, H Supian HK juga memiliki peluang besar. Ketua Komisi III DPRD Kalsel ini punya jabatan kuat di kepengurusan partai, yakni sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel.

“Ini sudah ada di kantong ketua. Kita tunggu saja pengumumannya,” kata Puar.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Redaktur : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here