Rab. Jan 27th, 2021

Siasat Gubernur Sahbirin Meraih Nilai SAKIP Terbaik 

2 min read

KabarKalimantan,Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, mengingatkan kepada semua pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun pejabat yang baru dilantik, bahwa ada tugas besar mewujudkan Kalimantan Selatan Mandiri dan Terdepan. Ia meminta semua pihak terus bergerak bersama mengejar upaya peningkatan predikat Sistem Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

 

Sahbirin mengatakan nilai SAKIP Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini 76,69 poin, masuk pada Predikat BB  (Sangat Baik). Ia mengingatkan tinggal beberapa poin lagi untuk bisa meraih predikat A dengan nilai 80, bahkan terbuka peluang di atas 80.

 

”Artinya ketika  mencapai nilai 80, maka tata kelola Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bisa menjadi contoh dan teladan bagi provinsi lain,” ucap Gubernur Sahbirin saat melantik pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas termasuk pejabat fungsional di Gedung Idham Chalid Sekretariat Pemprov Kalsel, Rabu (2/8/2017).

 

Sahbirin meminta agar  kegiatan  SKPD yang direncanakan mesti bermuara pada kepentingan rakyat dan kesejahteraan rakyat. Sebab, kata dia, indikator penilaian SAKIP terletak pada implementasi kinerja mesti memberikan manfaat dan berdampak positif terhadap rakyat. Adapun penggunaan anggaran harus mengacu tata kelola anggaran berbasis kinerja dan memberi multiplier effect bagi kepentingan rakyat.

 

Itu sebabnya, ia menegaskan pejabat struktural perlu kesungguhan memahami secara cermat semua visi dan misi pemimpin daerah. Sahbirin Noor berharap pejabat SKPD bekerja secara maksimal sesuai tugas dan fungsinya. Paman Birin- sapaan akrab Sahbirin Noor- berkata bahwa SAKIP menjadi bagian penting dari upaya menyelenggarakan pemerintahan daerah secara transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

 

“Saya menaruh harapan besar agar seluruh SKPD lebih terukur lagi dalam membuat penyusunan rencana strategis, rencana kinerja tahunan, penetapan kinerja dan pemanfaatan informasi sebagai mata rantai dalam penilaian SAKIP,” ujar Paman Birin.

.

 

Kepala Inspektorat Provinsi Kalsel, Hj Awi Sundari SH, optimistis Kalsel sanggup mendapatkan nilai 80 atau masuk dalam predikat A dalam penyusunan SAKIP. Tapi, kata dia, setiap SKPD mesti memiliki visi sama dalam memahami semua pedoman pembuatan SAKIP. Inspektorat salah satu instansi pembina penyusunan dan pembuatan SAKIP.

 

“Artinya semua unsur  penilaian yang ada dalam SAKIP sebagaimana diatur dalam ketentuan pemerintah, mulai dari penyusunan rencana strategis, penyusunan rencana kerja tahunan, penetapan kinerja, pengukuran kinerja dan pemanfaatan informasi bagi perbaikan kinerja secara berkesimbungan harus  dilaksanakan semua SKPD secara konsisten,” kata Awi Sundari.

 

Awi mengingatkan predikat A mesti ditopang pula oleh capaian kinerja pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel. Di Kalimantan Selatan, belum seluruh kabupaten/kota menggondol nilai  BB.  Oleh karena itu, Awi Sundari mendorong semua pihak lebih berkerja keras lagi mengejar nilai terbaik.

 

“Satu saja kabupaten mendapat nilai cc (cukup), pemberian nilai A dari Kemenpan RB untuk pemerintah provinsi juga belum bisa dilakukan,” kata Awi seraya menambahkan terus berupaya menguatkan sinergitas dan pembinaan agar semua pemerintah kabupaten/kota meraih nilai SAKIP terbaik.

 

Syahri Ramadhan | Humpro Kalsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.