Sigap Satgas ketika Kebakaran Lahan di Balangan

239

KabarKalimantan, Paringin– Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Balangan memperlihatkan kesiagapan ketika proses pemadaman kebakaran lahan gambut. Respons cepat ini diperlihatkan oleh Satgas Karhutla saat simulasi penanganan karhutla di Kota Paringin, Rabu (02/08/2017).

Kegiatan imulasi Satgat Karhutla dipmusatkan di Posko Lapangan Karhutla, Terminal Paringin, Kota Paringin. Saat patroli, tim seolah-olah menemukan titik api. Melihat titik api, anggota satgas yang terdiri dari anggota BPBD dan personel Polres Balangan, itu berangkat ke lokasi untuk mengkonfirmasi kebenaran info itu.

Kabag Operasional Polres Balangan, Komisaris Joko Sutopo memimpin langsung operasi penyisiran titik api. Dalam simulasi itu, tim terdiri atas 15 orang personel polisi dan 20 orang anggota BPBD Balangan. Setibanya di lokasi kebakaran, tim mendapati ada sebagian lahan gambut terbakar seluas 5 hektare di titik koordinat 115.4683 BT -2.3783 LS, Desa Harapan Baru, Kecamatan Paringin Selatan.

Tim mendatangi lokasi dengan mengendarai mobil patroli D-max, dua unit motor trail, mobil AWC, mobil pemadam kebakaran BPBD, motor tanki BPBD, mobil patroli BPBD, dan mobil patroli Polsek Paringin. Dengan rotator yang menyala dan sirine meraung-raung, mereka tiba di lokasi dan langsung berupaya memadamkan api yang membakar lahan milik warga.

Selepas simulasi, Kompol Joko Sutopo mengatakan, “Salut atas semangat dan kerjasama tim yang ditampilkan ini, Api dengan cepat dapat dipadamkan.” Menurut dia, kegiatan simulasi bertujuan melatih petugas saat mencari titik api sesuai data awal lewat navigasi Google Maps.

 

 

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here