Simpan Cadangan Air Hadapi Musim Kemarau, PDAM Kotabaru Bangun Tiga Buah Rescuer

1 min read
2.198

KabarKalimantan, Kotabaru – Curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Bumi Saijaan membuat PDAM Kotabaru membangun tiga buah rescuer di tiga Instalasi Pengolahan Air (IPA) di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Plt Direktur PDAM Kotabaru Tri Basuki mengatakan, pembangunan tiga buah rescuer dengan teknologi glastill yang menggunakan dana APBN dan DAK integrasi tersebut bertujuan untuk menyimpan air pada saat air berlimpah, seperti saat musim hujan saat ini.

Baca Juga :   Diskomifo Kotabaru Luncurkan Website SKPD

“Ini merupakan alternatif kami menghadapi tibanya musim kemarau. Jadi, air yang tersimpan di rescuer tersebut akan dapat digunakan,” jelas Tri Basuki, Jumat (10/9/2021).

Ia menjelaskan, rescuer tersebut dibangun di tiga IPA yakni di IPA Gunung Ulin dengan kapasitas 15 ribu kubik, dan dua unitnya di IPA Gunung Reli yang masing-masing satu unitnya dapat menampung 1.000 kubik.

Baca Juga :   Tim Kuasa Hukum SJA-ARUL Hormati Keputusan Bawaslu Kotabaru

“Jadi, kami dapat penyimpan air sebanyak 35 ribu kubik untuk mengatasi kekukarangan air bersih pada saat kemarau,” ujarnya.
Saat ini, lanjutnya, jumlah pelanggan PDAM Kotabaru kurang lebih ada 1.500. Jika, satu pelanggan menggunakan air sebanyak 1,5 kubik dalam seharinya, maka pihaknya dapat menyalurkan air bersih ke 7 ribu pelanggan perharinya saat musim kemarau.

Baca Juga :   Diperlukan Pengawasan Ketat terhadap Keberadaan Orang Asing

“Dan itu akan kami atur jadwal penyalurannya agar air tidak terbuang sia-sia,” jelas Tri Basuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *