Jum. Sep 25th, 2020

Sinergitas dan Kolaborasi Meningkatkan Pariwisata Kalimantan Selatan

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan memiliki potensi kepariwisataan yang sangat besar, seperti wisata alam, wisata budaya, sejarah, religi dan kuliner.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Achmad Sofiani dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pembangunan Kepariwisataan se-Kalsel di Swiss Bellhotel Borneo Banjarmasin, Rabu (20/3/2019) malam.

Ia mengatakan, pariwisata menjadi salah satu primadona yang menjadi unggulan pemerintah daerah dan potensi yang begitu besar ini harus bisa dimaksimalkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat

“Pariwisata ini merupakan fokus pembangunan tahun 2019-2021 dan pariwisata ke depannya harus bergerak dengan cepat mengambil langkah dalam menggali potensi pariwisata di kawasan Kalimantan Selatan,” kata Achmad Sofiani.

Ia berharap, melalui rakornis tersebut dapat terwujud kolaborasi yang baik antar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, agar mampu menampilkan pariwisata yang spektakuler. Sehingga tidak hanya akan menarik kunjungan wisatawan tetapi juga meningkatkan pendapatan bagi masyarakat disekitar objek wisata tersebut.

Baca Juga :   Usai Rapat LKPj 2017, Sahbirin Noor : Kami Tunggu Masukan Media

“Tetapkan roadmap dan perencanaan pariwisata yang suistainable dan tangible, sehingga potensi pariwisata ini dapat tergali dengan maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan, rakornis pariwisata ini sebagai upaya untuk menyinkronkan sinergitas dan saling menyelaraskan program dimasing-masing daerah di 13 kabupaten/kota.

“Karena itu program ini harus selaras tapi tidak mendekte apakah itu aspirasi yang datang dari bawah dan ada program dari atas kemudian kita sinkronkan,” kata Dahnial.

Selain itu, Dahnial menambahkan dengan perkembangan pariwisata Kalsel selama ini cukup pesat, di tahun 2019 ini, pihaknya menekankan pada proses tahun kunjungan wisata tahun 2020, dengan mengeksplore potensi kekayaan alam dan meningkatkan keunggulan wisata di 13 kabupaten/kota

“Pariwisata ini tidak hanya objek wisata saja, tetapi juga ada budaya dan keanekaragaman sukunya, keunikan masyarakat yang memiliki daya tarik tersendiri. Nah, persiapan-persiapan ke arah Visit Years 2020 itu, kami akan ¬†memberdayakan masyarakatnya dan industri pariwisata untuk ditingkatkan lagi,” pungkas Dahnial.

Baca Juga :   Paman Birin Audiensi bersama PWI Pusat, Matangkan Persiapan HPN di Kalsel

Reporter : Syahri Ramadhan

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

 

Syahri Ramadhan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.