Siring Jangan Jadi Pasar Tungging

2875

Kabar Kalimantan, Banjarmasin – Objek wisata siring Sungai Martapura yang membelah Kota Banjarmasin mejadi daya tarik pariwisata. Status ini memicu Pedagang Kaki lima (PKL) menggelar dagangan di sekitar siring, mulai pedagang aneka kuliner dan peralatan rumah tangga.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, M Ikhsan Alhaq, mengaku  prihatin atas gempuran PKL yang menyesaki siring. Ia mengatakan objek wisata seharusnya tertata dengan baik. “Itu tempat wisata, bukan pasar tungging,” ujar Ikhsan Alhaq.

 

Pihaknya sudah mensosialisasikan ke paguyuban yang mengkoordinir PKL tentang usaha yang boleh dijual. “Kami sudah sepakat, yang berjualan disana berupa kuliner, kerajinan tangan, souvenir yang bertemakan khas Kalsel, bukan panci atau peralatan rumah tangga,” katanya.

 

Ia menyarankan PKL siring Sungai Martapura menyesuaikan dangangan di lokasi. “Itu lokasi pariwisata. Jika berjualan baju  bertemakan pasar terapung atau ikon lainnya  yang mendukung bidang pariwisata, itu tidak masalah,” kata Ikhsan mencontohkan solusinya.

 

Untuk itu, dia terus mensosialisasikan agar siring dapat kembali berfungsi sebagai taman dan tempat wisata. Ikhsan sudah berkoordinasi dengan pihak Paguyuban PKL siring. Ia berharap objek wisata siring dapat tertata rapi dan nyaman.

 

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here