SMSI Kalsel Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalsel Periode 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Sabtu (3/7/2019).

SMSI Pusat yang diwakili Departemen Hubungan Antar Lembaga Siber Indonesia Yono Hartono berharap, kehadiran SMSI di Kalsel mampu mengakomodir dan menjembatani media-media online, agar nantinya bisa berdamai dan berkompromi dengan semua lini, baik masyarakat maupun pemerintah.

“Semoga seluruh media siber di Kalsel mampu bersaing dan bersinergi, tidak menjadi oposisi, tapi mampu bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk kepentingan masyarakat,” ujar Yono Hartono.

Belum lagi, ujar Yono, menurut undang-undang, media online saat ini harus terverifikasi oleh dewan pers. Namun kenyataannya, secara nasional, baru 400 media online yang terverifikasi oleh dewan pers.

“Ini juga harapan kami, SMSI di Kalsel juga menjadi jembatan dan membantu kawan-kawan pemilik media berbasis online, agar ke depan media mereka dapat terverifikasi secara faktual,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalsel, Siswansyah mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan SMSI Kalsel 2019-2024, ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap pemerintahan dan pembangunan di Bumi Lambung Mangkurat.

Hadirnya SMSI Kalsel diharapkan mampu menjadi garda terdepan dan melindungi seluruh pemberitaan online agar tidak menyebarkan ujaran kebencian dan hoax.

Warga Kalsel, lanjutnya, tidak hanya perlu pemberitaan yang bersifat hiburan, tapi juga perlu informasi yang mampu memberikan edukasi bermanfaat kepada seluruh kalangan.

“Kami juga berharap, kepengurusan SMSI ini mampu memegang amanah demi kemajuan dan kesejahteraan warga Banua,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua SMSI Kalsel Milhan Rusli mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan SMSI Kalsel yaitu mendata secara menyeluruh media siber yang belum terverifikasi. Karena menurutnya, untuk persyaratan verifikasi media online saat ini sangat sulit.

“Itu salah satu tugas utama kami di SMSI. Kami akan bantu media online mana saja yang belum terverifikasi dewan pers,” ungkapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhami Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here