Rab. Agu 5th, 2020

SP4N LAPOR ! Inovasi Gerakan Sadar Lapor

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Demi pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kota Banjarmasin meluncurkan pencanangan gerakan sadar lapor di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Minggu (15/7/2018).

LAPOR merupakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang diluncurkan serentak di tujuh kota yakni, di Jakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Bandung, Cirebon dan Banjarmasin.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, diwakili Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah mengatakan, hadirnya sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional ini merupakan suatu inovasi yang sangat produktif, serta searah dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, melalui sistem ini, pemerintah dapat secara cepat memetakan kebutuhan layanan masyarakat dengan menyediakan akses dan sekaligus memangkas birokrasi yang dapat memperlambat proses pelayanan.

“Untuk itu, bagi seluruh masyarakat khususnya yang hadir pada kesempatan ini, saya berpesan, manfaatkan momen ini untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Sehingga, seluruh masyarakat dapat berperan aktif menciptakan pelayanan publik yang berkualitas,” ucap Siswansyah.

Sementara itu, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik wilayah II Jeffrey Erlan Muller mengatakan, dengan adanya SP4N-LAPOR ini, masyarakat diberikan kesempatan lebih luas lagi, khususnya dalam meningkatkan partisipasi publik dan juga berbagai kebijakan masyarakat.

Jeffrey menambahkan, LAPOR ini memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengawasi bagaimana menyelenggarakan pelayanan publik itu dilakukan dan masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung.

“Ruang-ruang inilah yang bisa kita gunakan dengan berbagai macam media sosial dan sarana lainnya,” ucapnya.

Selain itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menuturkan, semua pengaduan ditindaklanjuti dengan cepat dan tuntas, ini untuk mewujudkan pemerintahan yang responsip dan meningkatkan kepercayaan masyarakat termasuk kemudahan pelayanan publik.

“Program ini bisa menjadi salah satu kanal yang paling lancar arus informasinya. Sehingga masyarakat sudah terbiasa dan akan terus kami sosialisasikan. Jika ada permasalahan silahkan lapor ke SP4N-LAPOR, baik secara nasional atau kanal aplikasi lainnya,” pungkas Ibnu.

Sementara itu, adapun cara agar masyarakat Kalimantan Selatan bisa menyampaikan aspirasinya dapat melalui cara sms dengan mengetik LAPORPAMAN(spasi) isi aduan atau  BANJARMASIN(spasi) isi aduan dan kirim ke 1708, atau bisa download aplikasi LAPOR! Lewat ponsel anda di www.lapor.go.id atau di Google Play.

Syahri Ramadhan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.