Suasana Religi Sambut Tahun Baru di Kalsel

300
Bupati Balangan H Ansharuddin menyerahkan dana insentif guru ngaji, Minggu (31/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Kotabaru – Ribuan umat muslim memenuhi Taman Siring Laut Kotabaru selepas Isya pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12/2017). Di bawah temaram lampu, mereka antusias ketika mengikuti zikir bersama yang digelar Pemkab Kotabaru.

Lantunan ayat-ayat suci Al Quran berakhir sepuluh menit sebelum pukul 00.00 wita. Pejabat yang hadir di antaranya Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin, Wakil Ketua II DPRD kotabaru Drs. Mukhni, Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad, Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Siti Mariani Burhanudin, dan seluruh Forum Koordinasi Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

H Sayed Jafar berharap Kabupaten Kotabaru akan lebih baik lagi, semakin maju, dan sejakhtera pada 2018. “Tidak lupa saya ucapkan kepada ribuan masyarakat Kotabaru yang telah datang dari berbagai kecamatan di Siring Laut ini untuk mengikuti zikir bersama,” kata Sayed Jafar.

Baca Juga :   Tactical Floor, Cara Polisi Kotabaru Sambut Tahun Baru

Di Kota Paringin, Kabupaten Balangan, ribuan warga memadati Masjid Al Akbar Balangan untuk menyambut tahun baru 2018. Mereka melaksanakan salat hajad dan tausyiah yang diisi oleh KH Muhammad Bakhiet, pimpinan Ponpes Nurul Muhibbin Balangan.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, menuturkan setiap momen pergantian tahun mesti menjadi upaya introspeksi dan mengevaluasi terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Seperti saat ini di penghujung tahun 2017 kita masyarakat Balangan wajib mensyukuri perkembangan dan pembangunan yang telah dicapai,” kata Ansharuddin.

H Ansharuddin mengatakan Pemerintah Kabupaten Balangan terus berusaha keras mewujudkan visi mensejahterakan masyarakat melalui peningkatan sumber daya manusia dengan skala prioritas bidang pendidikan, kesehatan, dan pembangunan fisik demi mencapai visi tersebut.

Pada 2018, ia berharap sinergitas yang terjalin selama ini terus ditingkatkan agar pembangunan semakin meningkat dan berjalan lancar.

Adapun KH Muhammad Bakhiet dalam ceramahnya mengatakan bahwa umat muslim wajib bersyukur atas nikmat iman yang diberikan oleh Allah SWT. Sebab, kata dia, seseorang yang bersyukur akan merasakan manisnya ibadah dan bertitik tolak itulah seorang muslim mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Baca Juga :   Tactical Floor, Cara Polisi Kotabaru Sambut Tahun Baru

Melalui momen pergantian tahun, Bakhriet menuturkan seorang hamba harus berharap kepada Allah SWT agar segala dosa di tahun lalu diampuni Nya. Dosa mengakibatkan kemurkaan Allah sehingga semua ibadah tidak diterima Nya, doa tidak dikabulkan, dan segala nikmati seperti harta atau kedudukan hanya merupakan istidrat.

“Oleh karenanya marilah kita berdoa agar dosa kita di ampuni Allah SWT dengan memperbanyak amal ibadah dan taubat. Tahun 2018 lebih meningkatkan keimanan dengan memperkuat ibadah, semoga masalah apapun yang kita hadapi ada jalan keluar yang di ridhoi Allah,” kata Muhammad Bakhriet, seraya mendoakan keamanan dan ketertiban selalu kondusif dan ekonomi masyarakat semakin baik.

Di sela perayaan tahun baru, ribuan jamaah juga menyaksikan penyerahan insentif kepada guru mengaji, guru tahfiz, marbot masjid dan khatib masjid se kabupaten balangan oleh bupati balangan.

Baca Juga :   Tactical Floor, Cara Polisi Kotabaru Sambut Tahun Baru

Tidak sedikit jamaah meneteskan air mata haru saat kelompok habsyi Ponpes Nurul Muhibbin melantunkan nasyid Al Habsyi. Acara yang dihadiri Kapolres Balangan, TNI terasa sangat hangat dengan kehadiran para habaib yang menyertai KH Muhammad Bakhiet. Kapasitas masjid tak mampu menampung membludaknya yang meluber sampai teras masjid.

ARDIANSYAH │ F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here