Sudah Berusia 8 Tahun, RSUD H Andi Abdurrahman Noor Belum Miliki Air Bersih PDAM

974

KabarKalimantan, Batulicin – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Andi Abdurrahman Noor, Tanah Bumbu sudah 8 tahun beroperasi. Namun, hingga kini belum juga memiliki saluran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Salah satu keluarga pasien yang namanya enggan disebutkan mengeluhkan, air dalam bak mandi kamar inap kelas VIP di RS milik pemerintah daerah itu terlihat keruh dan berwarna kecokelatan. “Airnya seperti tak layak untuk dikonsumsi,” katanya.

Pada saat dikonfirmasi, Direktur RSUD H Andi Abdrrahman Noor, Kabupaten Tanah Bumbu dr. Arman JR mengatakan, memang dulunya pihak rumah sakit sempat menyalurkan air bersih ke kamar inap para pasien, yang dibeli dari mobil tanki air berkapasitas 5.000 liter.

Ia mengatakan, dalam sehari distribusi air ke kamar-kamar pasien yang berjumlah 136 kamar itu memerlukan hingga puluhan tanki, hal ini tidak bisa dilakukan selamanya oleh pihak manajemen rumah sakit, lantaran pembelian air tersebut memerlukan biaya yang tak sedikit.

Baca Juga :   Pemkab Tanbu Terus Upayakan Peningkatan Status PTT dan Honorer

“Untuk menekan biaya pembelian air tanki yang selama ini terus berjalan, kami membuat kolam, semacam embung penampungan air hujan yang berlokasi di sisi sebelah kanan rumah sakit,” sebut Arman.

Arman juga mengakui, tidak adanya saluran air bersih PDAM pada rumah sakit itu lantaran pihak PDAM Tanbu sendiri belum menyanggupi untuk menyalurkan air bersih itu, menginggat minimnya kekuatan mesin pendorong penyaluran air PDAM yang dimiliki pada saat ini dan masih sangat terbatas, sehingga permintaan pemasangan untuk itu, belum dapat direalisasikan oleh PDAM.

Arman tak menampik, pihaknya memang mengambil air dari kolam penampungan itu untuk disalurkan ke kamar -kamar pasien. Namun air yang disedot dari kolam penampungan itu terlebih dului disaring melalui water tereatmen, atau air yang di sedot itu dianggap sudah baik.

“Tapi, kalau di musim hujan, air di penampungan itu keruh, walaupun menggunakan alat mesin penyaringan air, hasilnya tak bisa bersih,” kata arman.

Baca Juga :   Sudian Noor : PPKDB Ujung Tombak Sukseskan Program KB

Terkait krisis air bersih, yang terjadi berkepanjangan pada pelayanan kesehatan RDUD H Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu, kini direktur RSUD Tanbu sudah berusahan berkoordinasi dengan sekretaris daerah agar berusaha memaksimalkan pelayanan terkait pentingnya air bersih bagi pasien yang di rawat inap itu.

Pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) dalam waktu dekat ini, akan mencari titik air bor di sekitar lokasi rumah sakit. Selain itu pihaknya juga meminta kepada PDAM Tanbu agar secepatnya menyalurkan air bersih yang ada di desa Sharing Sungai Bubuk, agar hal ini tidak terjadi berlarut-larut.

Sementara itu, Direktur PDAM Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu M Sobari mengatakan, terkait belum adanya air bersih PDAM yang terpasang di RSUD H Andi Abdurrahman Noor tersebut karena belum adanya jaringan pipa penyaluran sampai ke sana.

Slamet Riadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here