Menu

Mode Gelap

Iptek · 18 Nov 2021 01:07 WIB ·

Suka Duka Menjadi Guru Sekolah Dasar, Meski Harus Ekstra Sabar Tapi Menyenangkan


 Suka Duka Menjadi Guru Sekolah Dasar, Meski Harus Ekstra Sabar Tapi Menyenangkan Perbesar

MENJADI guru itu pilihan dan benar-benar membutuhkan komitmen yang kuat. Kenapa? Karena guru itu harus mengajar di depan murid yang notabennya adalah anak orang lain yang harus kita didik. Guru harus memberikan contoh-contoh dan pengajaran yang baik pula kepada para muridnya untuk menghasilkan murid-murid yang baik secara akademik dan karakter. Karena guru harus memiliki banyak topeng, di mana ketika guru ada masalah keluarga ataupun masalah lainnya, mereka harus tetap tegar, tersenyum dan sepenuhnya mengajar para murid di sekolah.

Namun menjadi seorang guru itu memang berat tapi juga asyik lho. Berikut suka duka menjadi seorang guru;

1. Memiliki Banyak Relasi. Menjadi seorang guru atau pendidik, tentunya kita akan berhubungan dengan banyak murid dan juga orang tua murid, dan hal itu merupakan hal yang baik karena akan menambahkan relasi bagi seorang guru.

2. Menghadapi hal-hal lucu dengan para murid, Banyak hal lucu yang akan terjadi di kelas, hal ini akan dialami bagi guru TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Terlebih anak-anak playgroup hingga SD, mereka sering kali melakukan hal lucu seperti memberikan hadiah kepada guru, memberikan perhatian kepada guru dengan hal-hal yang lucu dan lain sebagainya. Bagi guru SMP dan SMA hal lucu yang akan mereka jumpai adalah ketika si murid mulai curhat mengenai masalah pribadi mereka, terlebih mengenai masalah cinta mereka yang complicated.

Baca Juga :   Google Play Protect Cegah Virus di Android

3. Awet Muda. Kalian sadar nggak sih kalau guru kalian, terutama guru TK, SD kalian itu kelihatannya kayak waktu kalian TK dan SD dulu? mereka kayak nggak berubah gitu. Nah, itu menjadi salah salah satu hal positif buat guru yang akan selalu keliatan muda.

4. Kreatifitas Terasah. Sebagai guru terutama di era saat ini kreativitas sangat dijunjung tinggi, karena siswa saat ini sudah beda dengan jaman dulu yang cukup dengan penjelasan di papan tulis saja. Sekarang dengan adanya teknologi yang semakin maju maka guru pun harus kreatif mengolah pembelajarannya baik dengan e-learning ataupun dengan games supaya siswa senang, dan happy tapi pelajaran tetap mereka terima.

Baca Juga :   Membiasakan Memotivasi Siswa Jangan Mudah Menyerah

5. Selalu Belajar. Ilmu pengetahuan saat ini semakin maju dan sebagai guru juga harus terus belajar dan hal itu akan mengasah otak guru untuk tetap pintar dan cerdas.

6. Selalu Diingat Murid. Sebagai guru akan selalu diingat oleh muridnya. Guru mungkin saja melupakan muridnya tapi seorang murid tidak akan melupakan gurunya. Kalian juga pasti masih ingat sama guru-guru kalian kan?

7. Siap-siap stress dan memiliki topeng banyak. Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing dan karakter yang berbeda satu sama lain di dalam kelas, sehingga seorang guru harus memiliki mental dan jiwa yang kuat untuk menghadapi kelakuan setiap muridnya. Siap stres dan harus tetap setia dengan pekerjaannya. Selain itu, guru harus memiliki topeng yang banyak, misalkan saja ketika guru ada masalah pribadi, guru harus tetap terlihat tegar di hadapan para murid, guru harus terlihat semangat dan ceria.

Baca Juga :   Proses Pendidikan Dasar yang Mendasari Proses Pendidikan Selanjutnya

8. Administrasi Banyak. Guru tidak hanya mengajar di dalam kelas, namun guru juga harus menyelesaikan administrasinya seperti membuat RPP, Prota, Promes dan lain sebagainya, belum lagi guru harus membuat soal ulangan dan mengkoreksinya. Pekerjaan tersebut bisa saja sampai dibawa pulang.

Menjadi guru memang berat dan penuh tantangan, tapi asyik menjadi guru karena menjadi guru sama dengan membantu anak untuk mecapai cita-cita mereka dan sebagai guru juga ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa. Guru harus sayang terhadap muridnya, dan bagi kamu yang memiliki pasangan seorang guru, kalian harus bangga karena mereka saja menyayangi murid-murid mereka, apalagi kamu sebagai pasangannya? Oleh sebab itu, hargai dan hormatilah gurumu, tanpa guru, kamu tidak akan bisa membaca dan memaknai dengan benar apa arti sebuah penghargaan dan sebuah jasa yang tulus dari hati.

Oleh: Siti Rohani S.Pd SD
Guru Kelas VI di SD Negeri 1 Sukadamai

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi

26 November 2021 - 15:33 WIB

Guru Sekaligus Pengusaha

22 November 2021 - 20:28 WIB

Pentingnya Alat Peraga dalam Pendidikan

21 November 2021 - 20:34 WIB

Covid-19 dan Ketidaksetaraan dalam Proses Belajar di Indonesia

19 November 2021 - 13:52 WIB

Kesiapan Sekolah Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

18 November 2021 - 01:04 WIB

Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi untuk Siswa SD Kelas Rendah

17 November 2021 - 04:21 WIB

Trending di Iptek