Sumpah Pemuda, Sahbirin Noor Orasi di Depan Ratusan Mahasiswa

1 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor usai memperingati Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017). Redkal.com/ Syahri Ramadhan

75

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menyampaikan orasi kebangsaan di depan ribuan mahasiswa perguruan tinggi se-Kalsel ketika Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme di Lapangan Kayu Tangi Ujung Jalan Brigjend H Hasan Basri, Banjarmasin Utara, Sabtu (28/10/2017).

Dalam orasi itu, Paman Birin–sapaan akrab Sahbirin Noor– mengatakan generasi muda mesti mewarisi semangat pemuda-pemudi masa lalu. “Warisi semangat dari Sumpah Pemuda,” ucap Paman Birin saat berorasi.

Baca Juga :   LPTQ Kalsel Seleksi Fahmil Quran

Menurut dia, kemerdekaan Indonesia bukan hadiah dari penjajah, melainkan perjuangan para pahlawan. “Sejatinya kita harus bersyukur memiliki pahlawan yang telah memerdekakan Republik Indonesia,” Paman Birin melanjutkan.

Ia mengatakan musuh bangsa saat ini dalam bentuk kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan. “Dahulu, musuk kita adalah penjajahan,” ujarnya.

Baca Juga :   Denyut Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 di Kotabaru

Sementara itu, panitia pengarah Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme, Sayuti Enggok, menyampaikan acara ini bertujuan menangkal paham radikalisme masuk kampus. Sayuti meminta mahasiswa dan mahasiswi bisa membentengi diri dari ancaman radikalisme.

Ia mengakui paham radikalisme tanpa disadari telah masuk Kalsel, seperti narkoba yang menyebar ke segala penjuru. “Narkoba menjadi salah satunya karena dapat membuat kebodohan”, ujar Sayuti. Ia berharap civitas akademika kampus rutin menggelar aksi serupa setiap tahun.

Baca Juga :   Kalsel Meluncurkan Perizinan Online

SYAHRI RAMADHAN

4 thoughts on “Sumpah Pemuda, Sahbirin Noor Orasi di Depan Ratusan Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *